Senin 28 Mar 2022 20:20 WIB

Museum Wayang Gelar Pertunjukan Hingga Akhir November, Ini Daftar Lakon dan Dalangnya

Museum Wayang kembali gelar pertunjukan sejak Ahad (27/3/2022) lalu.

Museum Wayang, Jakarta. Pertunjukan wayang dengan beragam lakon dan dalang mulai dihadirkan kembali di Museum Wayang sejak Ahad (27/3/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Museum Wayang, Jakarta. Pertunjukan wayang dengan beragam lakon dan dalang mulai dihadirkan kembali di Museum Wayang sejak Ahad (27/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar pertunjukan di Museum Wayang di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengatakan, pagelaran wayang telah dimulai sejak Ahad (27/3/2022) dan direncanakan terus berlangsung hingga 27 November 2022.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung Unit Pengelola Museum Seni dalam usahanya meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke museum dan mengenal seni budaya Indonesia khususnya wayang," kata Iwan di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Baca Juga

Iwan berharap, kehadiran pertunjukan wayang ini dapat menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih dekat sejarah dan budaya di Indonesia. Pada pertunjukan pertama, lakon yang dimainkan adalah "Gatotkaca Wisuda" dengan dalang Ki Sri Kuncoro atau dikenal dengan "Dalang Brimob".

Pagelaran wayang itu dibuka untuk umum dan dapat disaksikan di Museum Wayang dengan membayar tiket mulai dari Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 5.000 untuk dewasa.

Tiket dapat dibayarkan hanya dengan menggunakan kartu Jakcard dan bagi pengunjung yang tidak memiliki kartu Jakcard, dapat membeli secara langsung di lokasi. Iwan mengemukakan, Museum Wayang memiliki ribuan koleksi wayang dari seluruh Indonesia dan boneka mancanegara.

Sebelum pandemi, pagelaran wayang yang ditampilkan telah menjadi kegiatan rutin setiap hari akhir pekan dengan lakon, jenis wayang, dan dalang yang berbeda-beda. Namun, menurut Iwan, sejak adanya pandemi Covid-19, pagelaran wayang dihentikan sementara.

Bagi masyarakat yang belum bisa datang langsung ke Museum Wayang, masih bisa menyaksikan secara daring (live streaming) melalui kanal Youtube Museum Wayang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi media sosial Instagram @museum_senijkt @wayangmuseum atau melalui surel [email protected].

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement