Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Ini Lima Pemain Manchester City yang Berpotensi Hengkang di Musim Panas

Senin 28 Mar 2022 17:32 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Raheem Sterling dari Manchester City.

Raheem Sterling dari Manchester City.

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Kelima pemain ini sudah tidak dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City sedang fokus mengakhiri musim 2021/2022 dengan memenangkan tiga trofi yakni Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions. The Citizen masih punya peluang merengkuh semua gelar tersebut. Namun terlepas dari itu, City juga menempatian orang-orang di balik layar untuk mempelajari pasar transfer muskm panas.

City bersiap memperkuat skuadnya jelang musim 2022/2023 dengan mendatangkan penyerang tengah baru adalah target utama. Karena itu mereka membutuhkan uang segar demi mendatangkan pemain baru. Sumber pembelian itu bisa didapatkan dari penjualan pemain.

Baca Juga

City telah mengizinkan Ferran Torres kembali ke negaranya Spanyol untuk bergabung Barcelona pada Januari. Dan sejumlah pemain bisa juga menuju pintu keluar. Sportsmole melihat ada lima pemain yang berpotensi meninggalkan Etihad musim panas ini:

 

1. Fernandinho

Kapten tim ini tampaknya adalah pemain yang paling mungkin hengkang musim panas ini karena kontraknya yang akan berakhir Juni ini. Pemain 36 tahun tersebut nyaris meninggalkan City tahun lalu tetapi akhirnya memperpanjang selama 12 bulan lagi dan kesepakatan serupa bisa terjadi akhir musim ini.

Pep Guardiola dan Direktur Olahraga Klub, Txiki Begiristain diyakinin ingin Fernandinho tetap bertahan untuk musim 2022/2023. Dan satu laporan mengeklaim sang veteran bisa ditawari sebagai pelatih sekaligus pemain.

Sejak bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 2013, Fernandinho membuat total 373 penampilan di semua kompetisi. Ia memenangkan empat trofi Liga Inggris, enam Piala EFL dan satu Piala FA.

 

2. Raheem Sterling

Sterling absen dari starting lineup akhir musim lalu yang memicu spekulasi mengenai masa depannya. Musim ini ia menjadi pemain regular di tim utama dan mencetak 14 gol, lima assist dalam 35 penampilan di semua kompetisi.

Namun masa depannya masih dipertanyakan musim panas ini karena ia kontraknya tersisa kurang dari 18 bulan lagi. Barcelona terus mengganggu Sterling. Sebelumnya sang pemain juga menyatakan berminat pindah ke luar Inggris.

Perpanjangan kontrak tetap terbuka lebar karena Guardiola sebelumnya menyatakan bagaimana peran penting Sterling di dalam tim. Meskipun City mendatangkan Jack Grealish musim panas lalu senilai 100 juta Poundsterling.

 

3. Gabriel Yesus

Setelah dipandang calon pengganti Sergio Aguero, Jesus menyatakan keinginannya bermain sebagai pemain sayap daripada striker sentral. Musim ini pun ia lebih banyak bermain di sayap kanan. Pemain Brazil tersebut terbukti menjadi aset kunci City selama bertahun-tahun denga mencetak 88 gol dalam 224 penampilan di semua kompetisi.

Kurangnya dia mendapatkan kesempatan bermain regular akhir-akhir ini menumbulkan spekulasi tentang masa depannya. Dan dengan potensi kedatangan Erling Haaland, posisinya akan semakin terancam. Laporan lain menyebutkan City tertarik menegoisasikan kontrak lebih baik untuk Jesus.

Tetapi Juventus sedang mempersiapkan tawaran menarik musim panas yang mempunyak kontrak kurang dari 18 bulan. Hal tersebut bisa jadi Jesus hengkang dari Etihad.

 

 

4. Bernardo Silva

Gelandang asal Portugal ini menjadi pemain penting sebagai motor serangan dan City sejak kedatangannya. Musim panas lalu, ia dikaitkan dengan kepergian dari Etihad. Efek pendemi kepada kesehatan mentalnya disebut-sebut menjadi faktor utama dia ingin hengkang.

Namun Silva akhirnya bertahan dan tampil luar biasa. Ia mencetak 10 gol dan empat assist dalam 38 penampilan di semua kompetisi musim ini. Dia juga akan mengadakan pembicaraan dengan klub mengenai perpanjangan kontrak yang akan berakhir pada Juni 2025. Tetap dia bisa kembali ke Portugal dalam satu atau dua tahun ke depan.

 

5. Scott Carson

Masih harus dilihat apakah kiper cadangan City, Scott Carson akan memperpanjang kontrak atau membiarkan berakhir pada Juni. Sejak bergabung dari Derby County pada Agustus 2019, pemain 36 tahun tersebut hanya mencatatkan dua kali penampilan, termasuk saat bermain imbanh tanpa gol melawan Sporting Lisbon di Liga Champions awal bulan ini.

Meskipun kurang mendapatkan menit bermain, Carson dianggap memberikan pengaruh positif di ruang ganti. Hal tersebut akan membuat Guardiola mendorong klub memperpanjang kontraknya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA