Tokoh di Padang Berkomitmen Wujudkan Ramadhan Kondusif

Red: Ani Nursalikah

Senin 28 Mar 2022 17:09 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Tokoh di Padang Berkomitmen Wujudkan Ramadhan Kondusif Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Tokoh di Padang Berkomitmen Wujudkan Ramadhan Kondusif

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Para tokoh dari organisasi kemasyarakatan, keagamaan, sosial dan LSM di Padang, Sumatra Barat, mengeluarkan pernyataan sikap bersama untuk mewujudkan Ramadhan yang kondusif di kota itu, Senin (28/3/2022). Pernyataan sikap disampaikan di rumah dinas wali kota Padang disaksikan ulama Ustadz Abdul Somad, Ketua DPRD Padang,Syafrial Kani, Komandan Kodim 0312/Padang, Letnan Kolonel Infantri Jadi, Kepala Kejaksaan Negeri Padang Ranu Subroto, Wakil Kepala Polresta Padang AKBP Yessi Kurniati, Ketua MUI Padang Japeri serta para pemuka lintas agama dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Padang Salmadanis.

Salmadanis membacakan pernyataan sikap yang terdiri atas enam poin. Pertama, menjaga ketertiban dan ketentraman lingkungan khususnya di sekitar masjid/mushala sehingga jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu.

Baca Juga

"Kedua, melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dalam seluruh aktivitas di bulan Ramadan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Ketiga, mendukung upaya pemuka adat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang serta seluruh tokoh masyarakat untuk mengawasi para generasi muda dan anak kemenakan agar tidak terlibat dalam tawuran, balapan liar, judi, minuman keras, narkoba, LGBT serta perbuatan maksiat lainnya. Keempat, menolak segala bentuk aktivitas yang dapat merusak ibadah puasa dan kekhusukan dalam melaksanakan ibadah tarawih di Padang.

Kelima, meminta dukungan moral kepada masyarakat di lingkungan masjid/mushala untuk menciptakan suasana yang kondusif selama bulan suci Ramadhan. Keenam, memahami keberagaman dalam kebhinnekaan dan selalu menjaga serta memupuk toleransi sesama umat beragama demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara Wali Kota Padang Hendri Septa, menyambut baik pernyataan sikap bersama dalam rangka mewujudkan Ramadhan yang kondusif di Padang. "Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah semoga penandatanganan Pernyataan Sikap Bersama bisa mewujudkan Ramadhan yang kondusif," kata dia.