Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Jelang Puasa, Pemkot Sukabumi Gelar Pasar Murah dan Bazar UMKM

Senin 28 Mar 2022 14:44 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

-Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan program Operasi Pasar Murah (OPM) kebutuhan pokok masyarakat di 33 Kelurahan. Kegiatan ini untuk membantu warga yang daya belinya menurun karena terdampak pandemi Covid-19.

-Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan program Operasi Pasar Murah (OPM) kebutuhan pokok masyarakat di 33 Kelurahan. Kegiatan ini untuk membantu warga yang daya belinya menurun karena terdampak pandemi Covid-19.

Foto: riga nurul iman
Kegiatan ini untuk membangkitkan ekonomi lokal dan kalangan UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi dan Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi menggelar kegiatan pasar murah dan bazar menjelang Ramadhan 1443 H, Senin (28/3/2022). Momen ini dalam rangka memperingati hari jadi Kota Sukabumi ke-108 dan menyambut bulan suci Ramadhan.

Acara tersebut dilaksanakan di Jalan Perpustakaan depan Gedung PKK Kota Sukabumi. Pelaksanaan Bazar ini dilakukan di tiga titik yakni di Jalan Perpustakaan pada Senin. Selanjutnya di halaman Kecamatan Warudoyong pada Selasa (29/3/2022) dan Pasar Lembursitu, Kecamatan Lembursitu pada Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Pada pasar dan bazar ini disiapkan berbagai kebutuhan pokok untuk masyarakat seperti minyak goreng, gula pasir dan barang lainnya. '' Kegiatan ini untuk mengadvokasi masyarakat dari sisi harga dan memperkenalkan dengan berbagai produk asli Sukabumi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Misalnya produk olahan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) sebagai alternatif produk makanan yang bisa dikonsumsi. Sehingga warga bisa mengkonsumsi bahan makanan selain nasi.

" Kegiatan pasar murah dan bazar ini dalam kerangka membangkitkan ekonomi dari kalangan UMKM serta memperkenalkan brand lokal asli Sukabumi," ujar Fahmi. Meskipun kegiatan bazar tidak akan mampu mencukupi kebutuhan warga, akan tetapi momen ini mampu menggerakan perekonomian di wilayah Kota Sukabumi.

Fahmi juga mengajak masyarakat agar berbelanja dan mencintai produk buatan lokal. Selain itu juga diharapkan, masyarakat tidak panic buyying terhadap ketersediaan bahan kebutuhan pokok penting (Bapokting).

" Mari kita berbelanja dan cintai prodak lokal. Sesuai arahan presiden kepala daerah agar mengkondisikan produk lokar agar semakin digemari masyarakat," imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi Ayi Jamiat menambahkan, pelaksanaan kegiatan pasar murah dan bazar digelar tiga hari di lokasi berbeda. Harapannya acara ini membantu warga yang tengah membutuhkan bahan pokok menjelang Ramadhan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi menuturkan, dalam pasar murah dan bazar ditampilkan juga produk UMKM asli Kota Sukabumi. "Warga harus mencintai produk lokal," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA