Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Begini Penampakan Matahari Saat Dipotret dari Jarak Sangat Dekat

Senin 28 Mar 2022 13:23 WIB

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih

Gambar terbaru, yang dibuat European Solar Orbiter dengan menggabungkan 25 foto berbeda dari yang diambil pada tanggal 7 Maret, menggambarkan matahari dengan detail yang luar biasa.

Gambar terbaru, yang dibuat European Solar Orbiter dengan menggabungkan 25 foto berbeda dari yang diambil pada tanggal 7 Maret, menggambarkan matahari dengan detail yang luar biasa.

Foto: eso
Wahana European Solar Orbiter melakukan flyby dengan Matahari bulan Maret ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wahana European Solar Orbiter melakukan pendekatan terdekatnya dengan Matahari bulan Maret ini. Satelit itu telah mengembalikan salah satu foto paling detail dari bintang pusat tata surya kita. 

Gambar terbaru, yang dibuat dengan menggabungkan 25 foto berbeda yang diambil pada tanggal 7 Maret, menggambarkan matahari dengan detail yang luar biasa.

Baca Juga

Gambar itu diperoleh dengan sangat rinci dalam resolusi tinggi oleh Extreme Ultraviolet Imager (EUI). Pesawat ruang angkasa Eropa yang menunjukkan cakram lengkap Matahari dan atmosfer luar, korona. Instrumen Spectral Imaging of the Coronal Environment (SPICE) menangkap gambar lain dan merupakan yang pertama dari jenisnya dalam 50 tahun.

Gambar-gambar itu diambil pada jarak 75 juta kilometer, di tengah-tengah antara planet kita dan bintang induknya, oleh Solar Orbiter. Seluruh gambar diambil selama lebih dari empat jam.

Badan Antariksa Eropa (ESA) menyatakan bahwa gambar tersebut diambil satu demi satu. Hal ini karena setiap ubin membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memotret, termasuk waktu untuk pesawat ruang angkasa dalam menunjuk dari satu segmen ke segmen berikutnya.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA