Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

5 Tips Mengambil Foto Menggunakan Kamera Smartphone

Teknologi | Sunday, 27 Mar 2022, 18:17 WIB

Mengabadikan momen spesial sekarang ini bisa dilakukan dengan menggunakan kamera yang ada di smartphone.

Namun, apabila mengambil foto dengan media smartphone agar hasil tidak mengecewakan, setidaknya Anda harus benar-benar dilakukan dengan teliti.

Karena, memfoto menggunakan kamera yang ada di smartphone mudah dilakukan, tapi susah untuk mendapatkan hasil yang bagus. Beda dengan kamera pocket atau mirrorless.

Nah, berikut ini tips mengambil gambar menggunakan smartphone supaya hasilnya lebih baik dan tidak mengecewakan dirangkum dari careercenter.id dan sumber lain.

1. Siapkan beberapa alat

Jika ingin hasil foto bisa maksimal, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan yaitu tripod. Seperti kamera model lainnya, tripod juga perlu dipakai saat memotret menggunakan smartphone. Tujuannya untuk membantu Anda agar saat mengambil gambar tidak goyah, sehingga hasilnya maksimal. Umumnya saat mengambil foto memakai tombol yang ada di layar, tapi Anda juga mempunyai pilihan lainnya, yaitu dengan memakai tombol volume.

2. Perhatikan kondisi cahaya

Cahaya sangat dibutuhkan pada saat mengambil gambar. Dan usahakan memakai cahaya yang alami, karena dengan begitu bisa mendapatkan hasil jepretan yang sangat baik. Jadi usahakan agar memperoleh cahaya alami yang banyak pada subyek, serta sebisa mungkin hindari memakai flash yang ada di smartphone. Catat, cahaya akan makin terang serta bayangan makin gelap di foto, jadi harus menyesuaikan dengan semestinya.

3. Perhatikan angle kamera

Apabila aplikasi kamera di smartphone memungkinkan, nyalakan gridlines yang memisahkan frame jadi tiga. Letakkan elemen-elemen penting sehingga mereka di posisi di garis. Saat melakukan jepretan, jangan asal-asalan, perhatikan dulu angle atau sudut pengambilan gambar. Jangan memaksa apabila angle sekiranya tidak bagus, jika perlu paksa mengambil angle di tempat yang lain, yang penting hasilnya bisa bagus.

4. Perhatikan latar depan serta belakang

Mengambil foto memang sangat mudah, namun sangat sulit untuk mendapatkan gambar yang hasilnya terbilang sempurna. Salah satu cara agar foto tersebut bisa bagus, Anda harus memperhatikan latar depan dan belakang sebelum melakukan jepretan. Jangan sampai saat menjepret ternyata pada hasil foto tersebut nampak hidung atau kepala orang lain, atau binatang yang sedang beraksi di latar belakang.

5. Tidak usah takut untuk mencoba

Memulai menekuni hobi fotografi memang tidak bisa langsung jadi, terlebih menggunakan media seperti kamera di smartphone. Diperlukan proses dan pembelajaran secara terus menerus, yang penting mau belajar serta jangan takut dan menyerah untuk mencoba kembali. Jika perlu, konsultasi atau belajar dari yang sudah ahli.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image