Ahad 27 Mar 2022 17:03 WIB

Metode Tidur Ala Pilot Militer Bantu Terlelap dalam Dua Menit

Butuh pembiasaan sekitar enam pekan untuk dapat tidur cepat ala pilot milter.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (ilustrasi). Metode tidur ala pilot militer bisa dicoba untuk orang yang susah terlelap.
Foto: Republika/Wihdan
Susah tidur (ilustrasi). Metode tidur ala pilot militer bisa dicoba untuk orang yang susah terlelap.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Apakah Anda termasuk orang menghabiskan berjam-jam dan berguling-guling di tempat tidur untuk berusaha terlelap. Kabar baik, ada cara sederhana ala pilot militer yang bisa membantu kita tertidur dengan mudah.

Mendapatkan setidaknya enam hingga delapan jam tidur tanpa gangguan merupakan hal penting. Kondisi itu diyakini membuat tubuh tetap bugar dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga

Kemampuan langsung tertidur setelah merebahkan diri itu cukup langka. Orang juga dapat mengatakan kemampuan itu adalah kemewahan yang tidak semua mampu lakukan.

Jika Anda mencari teknik yang dapat membantu Anda tertidur, maka metode tidur ala militer patut dicoba. Istilah tidur ala militer ini berasal dari sebuah buku yang diterbitkan pada 1981 berjudul Relax and Win: Championship Performance.

 

Isi buku itu membantu pilot angkatan laut AS memenuhi persyaratan tidur. Metode ini membuat pilot mampu tertidur dalam waktu dua menit.

Metode tidur ala militer mendapatkan popularitas karena sifatnya yang efektif dan efisien. Teknik ini dapat memakan waktu hingga enam pekan untuk dikuasai seseorang. Jika berhasil menguasainya, maka orang dapat tertidur dalam 120 detik (dua menit) atau bahkan 10 detik setelah merebahkan diri.

Dilansir Times Now News pada Jumat (25/3), Anda dapat melakukan metode tidur militer dengan langkah-langkah mudah. Mulailah dengan merilekskan tubuh Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki. Lepaskan ketegangan dari otot dahi dan lakukan sampai ke jari kaki Anda.

Secara bersamaan, kosongkan pikiran Anda selama 10 detik sambil mengatur napas. Jika Anda kesulitan mengosongkan pikiran, ulangi kata-kata "jangan berpikir" selama 10 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement