Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Masalah pada Mata yang Perlu Diwaspadai

Ahad 27 Mar 2022 16:37 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Masalah pada mata yang harus diwaspadai (ilustrasi).

Masalah pada mata yang harus diwaspadai (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Mata kering atau air mata berlebihan bukan tanda yang sehat dan tak boleh diabaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat fungsi mata terganggu, Anda pasti merasa tidak nyaman. Kesehatan mata tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Untuk itu, Anda perlu memilih langkah-langkah untuk melindungi dan menjaga mata. Langkah pertama merawat mata adalah menyadari risiko dan tanda-tanda masalah yang berpotensi dialami. Namun tanda-tanda komplikasi kesehatan terkait mata sering kali muncul pada stadium yang sudah terlambat. 

Baca Juga

Sangat penting untuk mengawasi penglihatan dan menangkap gejalanya selama tahap awal dan pemula. Berikut beberapa tanda peringatan masalah pada mata yang harus diwaspadai, seperti dilansir di Times Now News, Ahad (27/3/2022).

1.  Sakit kepala atau mata yang terus-menerus

Rasa sakit yang terus-menerus di bagian tubuh mana pun bukan pertanda baik. Namun, rasa sakit itu tentu dapat membantu mengidentifikasi penyebab masalahnya. Mata atau sakit kepala yang terus-menerus bisa menjadi tanda masalah mata dan tidak boleh diabaikan.

2. Terlalu banyak kekeringan atau basah

Mata kering atau air mata berlebihan bukan tanda yang sehat dan tidak boleh diabaikan. Beberapa masalah umum yang terkait dengan tanda ini adalah saluran air mata yang tersumbat, alergi, blepharitis, dan lainnya.

3. Kebutaan malam

Apakah Anda mengalami kesulitan saat harus menavigasi jalan pada malam hari? Kondisi tertentu seperti katarak, retinitis pigmentosa, dan sebagainya dapat mencegah mata menyesuaikan diri secara alami dengan lingkungan yang berbeda cahaya, terutama gelap. Ini adalah tanda masalah dan harus segera ditangani.

4. Penglihatan terdistorsi atau kabur

Setiap perubahan kualitas penglihatan bisa sangat terasa. Namun, beberapa tanda sering diabaikan sebagai ketidaknyamanan kecil yang dapat memperburuk gejala. Penglihatan yang terdistorsi atau kabur tidak baik dan beberapa masalah umum yang terkait dengan tanda ini adalah katarak, konjungtivitis, edema makula.

5. Kehilangan penglihatan perifer

Penglihatan perifer adalah pandangan atau penglihatan yang mampu mengenali situasi di sekeliling. Kondisi ini menunjukkan sedikit hilangnya kemampuan untuk melihat, kehilangan penglihatan tepi dapat menjadi tanda komplikasi seperti glaukoma.

Hal ini tidak boleh diabaikan. Terkadang, mata dapat menawarkan pandangan yang tidak fokus dari lingkungan di mana kita tidak melihat secara langsung tetapi tanda ini menghilangkan kemampuan orang untuk melihat dari sudut mata sendiri.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA