Ahad 27 Mar 2022 06:21 WIB

Sergio Perez Raih Pole Position GP Saudi, Hamilton Malah Gagal di Kualifikasi

Pembalap Red Bull Sergio Perez raih pole position pertama dalam karier Formula Satu

 Pembalap Red Bull Sergio Perez.  Sergio Perez meraih pole position pertama dalam kariernya dalam Formula Satu, menjelang balapannya yang ke-215 di Grand Prix Arab Saudi, Sabtu waktu setempat. Pemimpin klasemen Charles Leclerc dari tim Ferrari menemani pebalap Meksiko itu barisan depan balap nanti, sedangkan rekan satu timnya dari Spanyol Carlos Sainz start ketiga.
Foto: AP/Fernando Llano
Pembalap Red Bull Sergio Perez. Sergio Perez meraih pole position pertama dalam kariernya dalam Formula Satu, menjelang balapannya yang ke-215 di Grand Prix Arab Saudi, Sabtu waktu setempat. Pemimpin klasemen Charles Leclerc dari tim Ferrari menemani pebalap Meksiko itu barisan depan balap nanti, sedangkan rekan satu timnya dari Spanyol Carlos Sainz start ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Red Bull Sergio Perez meraih pole position pertama dalam kariernya dalam Formula Satu, menjelang balapannya yang ke-215 di Grand Prix Arab Saudi, Sabtu waktu setempat. Pemimpin klasemen Charles Leclerc dari tim Ferrari menemani pebalap Meksiko itu barisan depan balap nanti, sedangkan rekan satu timnya dari Spanyol Carlos Sainz start ketiga.

Juara dunia Max Verstappen Red Bull mencatat waktu tercepat keempat. Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton gagal melewati fase pertama kualifikasi dan akan start dari urutan ke-16, demikian Reuters.

Sebelumnya, Kualifikasi Grand Prix Saudi di Jeddah dihentikan pada Sabtu setelah pebalap tim Haas, Mick Schumacher, mengalami kecelakaan parah pada fase kedua sesi latihan itu. Tim Formula Satu dari AS itu mengungkapkan bahwa mereka telah mendengar bahwa putra legenda Ferrari dan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher itu sadar setelah kecelakaan terjadi.

Pebalap Jerman itu dibawa serta oleh ambulans ke pusat medis sirkuit setelah dikeluarkan dari mobilnya yang hancur. Televisi Sky Sports memperkirakan mobil tersebut melaju pada kecepatan 274 km per jam saat menabrak pembatas beton di pintu keluar belokan 10. Puing-puing berserakan di sepanjang lintasan.

Anti-Hamilton

Sementara itu, seorang marshal Grand Prix Arab Saudi langsung dipecat setelah dalam Twitter mengaku berharap juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mengalami kecelakaan yang mirip dengan kecelakaan yang serupa dialami Romain Grosjean dalam GP Bahrain 2020. Juru bicara badan pengelola Formula Satu mengatakan marshal yang tidak disebutkan namanya yang menulis dalam bahasa Arab itu tidak akan lagi dipakai dalam balapan akhir pekan di Jeddah nanti.

Dikutip dari Reuters, Marshal itu meminta maaf kepada federasi motosport Saudi dan Hamilton yang mengaku ingin melihat perubahan lebih banyak lagi di Saudi. Grosjean yang membalap untuk Haas, menderita luka bakar pada tangannya, tetapi secara ajaib melompat keluar dari mobilnya yang terbakar dalam kecelakaan di Bahrain yang mengakhiri karier Formula Satu dia. Pebalap Prancis itu kini berlomba dalam seri IndyCar di Amerika Serikat.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement