Sabtu 26 Mar 2022 13:44 WIB

Gelar Senja Kwarran Parung: Ramai-ramai Belajar Semaphore

Program Gelar Senja akan dilaksanakan secara berkala per tiga bulan.

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Parung, Bogor, menyelenggarakan Gelar Senja tahap I, Jumat  (25/3) petang.
Foto: Dok Kwarran Parung
Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Parung, Bogor, menyelenggarakan Gelar Senja tahap I, Jumat (25/3) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Parung, Bogor,  untuk kali pertama kali di tahun 2022 menyelenggarakan Gelar Senja Tahap I, Jumat  (25/3) petang. Acara dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Parung, yang beralamat di Jalan Raya Raden Demang Arya, Desa Waru Jaya, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Acara yang berlangsung dari pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB ini diikuti 22 pangkalan dari SD, MI, SMP, MTs, SMA, dan  MA  ini dihadiri Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Adi Henryana, Ketua Kwarran Parung  Suprianto, Pengurus Kwarran Parung, Dewan Kehormatan Kwarran Parung, Sri Niarti, dan Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarran Parung, Hj Yeti Haryati.

Selain itu tampak hadir Staf Seksi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Parung, Ismail;  Pengawas Pembina TK/SD Kecamatan Parung, Suparji;  para Mabigus, Pembina Gugusdepan, Pembantu Pembina, Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwarran Parung,  dan 352 peserta usia penggalang dan penegak.

Kegiatan diawali dengan Apel Gelar Senja yang dipimpin Mabiran Kecamatan Parung, Adi Henriyana. Dilanjutkan Kolosal Semaphore yang diikuti seluruh peserta Gelar Senja dari mulai Mabiran, pengurus Kwarran, Mabigus, Pembina Gugus Depan dan seluruh peserta.

Andalan Ranting Pramuka Peduli Kwarran Parung, Insan Kamil Maulana, didaulat mengomandoi dan mengajari seluruh peserta mulai dari cara memegang sepasang bendera semaphore berukuran 40x40 cm2  dengan tongkat sepanjang 50x50 cm2  hingga belajar isyarat semaphore dari abjad A sampai Z.

Keceriaan terpancar dari raut wajah Mabiran, para Mabigus dan seluruh peserta saat isyarat semaphore A sampai Z dimainkan dan dipadukan dengan musik yang disiapkan panitia melalui pengeras suara. Alunan lagu berjudul Bocah Ngapa Yak yang dipopulerkan Grup Band Wali menambah semangat seluruh peserta.

Kemeriahan acara petang itu semakin lengkap dengan penampilan kreasi seni yang menjadi daya tarik Gelar Senja. Dari 10 pangkalan, delapan pangkalan menampilkan semaphore dance. Yakni,  SMP Islam Parung, SD S Terpadu Bina Ilmu, SDN Waru 01,  MIN 2 Bogor, SDN Parung 04, SDN Bojong Sempu 01, MTs Darunnaim Yapia,  dan SDS Nurul Iman.

Sementara itu, SDN Parung 03 menampilkan Tarian Manuk Dadali dan  SMPN 1 Parung  mempersembahkan  yel-yel dan puisi berantai. Seluruh peserta dan warga masyarakat Parung yang hadir menyaksikan langsung di lokasi sangat terhibur.

Mabiran, Adi Henryana, memberikan apresiasi yang tinggi buat Kwartir Ranting Parung dengan mengadakan Gelar Senja.  ''Saya sangat mengapresiasi kegiatan Gelar Senja yang dilaksanakan Kwarran Parung, karena ini merupakan Gelar Senja pertama di tahun 2022 juga di awal kepemimpinan saya menjadi camat Parung,'' ujarnya seperti dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (26/3).

Lebih lanjut, kata Adi yang baru 45 hari menjadi orang nomor satu di Kecamatan Parung,  kegiatan ini menjadi ajang silaturahim dalam Gerakan Pramuka. ''Mudah-mudahan Gelar Senja ini bisa menjadi ajang silaturrahim untuk seluruh gerakan Pramuka baik di masing-masing gugus depan maupun masing-masing pangkalan,'' ujarnya.

Selain itu, tentunya ini menjadi ajang berbagi ilmu kepramukaan, sharing informasi, dan juga ajang untuk berani beraksi. ''Harapan saya, kegiatan Gelar Senja tidak terputus di sini. Ke depan kita akan bisa melaksanakan lagi dengan kekuatan dan jumlah peserta anggota Pramuka yang lebih banyak,'' tuturnya.

Kemudian, Adi mengajak untuk berdoa bersama. ''Mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir. Sehingga, kita  bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan Pramuka yang ada di wilayah Parung sesuai dengan apa yang diharapkan dan kondisi berjalan normal seperti sedia kala, '' tandasnya.

Sementara itu,  Ketua Kwarran Parung, Suprianto, mengaku bersyukur atas dilaksanakannya Gelar Senja tahun ini secara tatap muka. ''Alhamdulilah acara berjalan sangat lancar dan sukses,'' ujar Pri, begitu dia akrab disapa.

Pria kelahiran Bogor, 42 tahun silam ini tak bisa menyembunyikan raut wajah bahagianya atas keterlibatan semua pihak sehingga acara yang digelar perdana ini menuai pujian dari peserta, pembina, dan para Mabigus serta masyarakat yang menyaksikan langsung.

''Kami hanya ingin memberi ruang akspesi dan berkreasi secara tatap muka bagi para anggota Pramuka yang selama pandemi Covid-19 hanya bisa berkegiatan secara daring,'' ujarnya.

Program Gelar Senja, sambung Pri, akan dilaksanakan secara berkala per tiga bulan untuk mengetahui pangkalan dan gugus depan yang aktif mengadakan pembinaan kepada peserta didiknya.

''Kegiatan Gelar Senja menjadi salah satu ajang penilaian dari Kwarran Parung, Bidang Pembinaan Anggota Muda untuk meraih predikat Pangkalan Tergiat 2022 yang akan disematkan pada Desember 2022 mendatang,'' tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement