Jumat 25 Mar 2022 21:19 WIB

Dekranasda Dairi Kenalkan Tenun Ulos Ramah Lingkungan di Inacraft 2022

Banyak keinginan atau tema-tema yang ingin kembali ke alam.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Ulos (ilustrasi). Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, memperkenalkan tenun ulos ramah lingkungan kepada masyarakat luas melalui International Handicraft Fair (Inacraft) 2022.
Foto: NOVA WAHYUDI/ANTARA
Ulos (ilustrasi). Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, memperkenalkan tenun ulos ramah lingkungan kepada masyarakat luas melalui International Handicraft Fair (Inacraft) 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDIKALANG -- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, memperkenalkan tenun ulos ramah lingkungan kepada masyarakat luas melalui International Handicraft Fair (Inacraft) 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Bupati Dairi Eddy Berutu di Sidikalang, Jumat (25/3/2022), mengatakan, Dekranasda Dairi ikut mempromosikan sejumlah produk unggulan UMKM Dairi di Inacraft yang digelar sejak 23 hingga 28 Maret 2022. Salah satunya adalah tenun ulos yang ramah lingkungan.

Baca Juga

Ia mengemukakan, pada awalnya bahan-bahan ulos untuk kebutuhan adat yaitu untuk ritual, tetapi kita lalukan diversifikasi sesuai dengan tema dunia ramah lingkungan. Tentunya Pemerintah Dairi memastikan, bahwa eco fashion ini ramah lingkungan, paling tidak mulai dari bahan baku pewarna dari berbagai tumbuh-tumbuhan endemik.

Di samping itu banyak keinginan atau tema-tema yang ingin kembali ke alam jadi fokus terhadap lingkungan. Jadi menurutnya, tema-tema alam ini baik dan cocok dengan produk-produk Dekranasda.

"Kemudian soal kualitas, juga bagus. Kalau ulos di adat desain dan benangnya kasar. Kalau eco fashion ini lebih halus dengan kualitas yang sangat baik. Desainnya kita sesuai dengan harapan pasar lokal maupun internasional," kata Eddy.

Diterangkannya, jenis ulos yang diproduksi para perajin juga disesuaikan dengan kebutuhan gaya hidup, seperti untuk tempat laptop, tempat iPad, baju, topi dan produk lainnya, sehingga ke depannya diharapkan dapatmenumbuhkan ekonomi, perdagangan dan UKM. "Untuk di Dairi UMKM siap dikembangkan terus baik secara fisik maupun digital sehingga pada waktunya UMKM kita bisa mandiri naik kelas dan go global. Di Dairi sudah tersedia begitu banyak produk untuk bisa dipakai secara individu baik secara kelembagaan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement