Sabtu 26 Mar 2022 00:14 WIB

Infografis Memahami Apa Itu Serologi Survei

73 persen orang Indonesia yang belum divaksin memiliki antibodi Covid-19.

Foto: Republika
Serologi Survei

REPUBLIKA.CO.ID, Serologi survei yang dilakukan di Indonesia menunjukkan 86,6 persen penduduk sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Tingkat antibodi Covid-19 tertinggi ditemukan pada mereka yang sudah divaksinasi dosis kedua.

* 73,9 persen penduduk Indonesia yang belum divaksinasi sudah memiliki antibodi Covid-19. Antibodi diperoleh karena sudah terinfeksi. Banyak di antaranya yang tidak mengetahui sudah pernah terinfeksi lantaran tidak bergejala.

Baca Juga

* Vaksinasi dapat memberikan antibodi kepada masyarakat, sehingga terjadi kekebalan kelompok. Antibodi juga dapat meminimalisasi tingkat keparahan Covid-19, yang kemudian dapat mengurangi risiko masuk rumah sakit dan kematian.

* Antibodi tidak bisa mencegah penularan. Urang yang sudah pernah vaksin dan pernah terinfeksi Covid-19 ia akan memiliki antibodi yang lebih tinggi.

* Serologi survei nasional menunjukkan, sejumlah wilayah yang rendah antbodinya seperti Aceh Tenggara 72,4 persen dan Kota Singkawang 74,1 persen. Sementara, Jayawijaya hanya memiliki estimasi antibodi Covid-19 45,6 persen.

Artinya, di Jayawijaya yang antibodi warganya hanya 45,6 persen, dari 100 orang di sana maka hanya 45 orang yang memiliki antibodi. Sisanya, 55 orang masuk kelompok rentan bila bertemu virus Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement