Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Gus Nabil Harap Presiden Jokowi Ikuti Jejak Gus Dur Hadiri Acara Pagar Nusa

Jumat 25 Mar 2022 20:54 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Teguh Firmansyah

Kejurnas dan Festival Pagar Nusa ke-IV Siap Digelar

Kejurnas dan Festival Pagar Nusa ke-IV Siap Digelar

Foto: istimewa
Gus Nabil sebut hanya Gus Dur presiden yang datang ke acara Pagar Nusa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dapat menghadiri acara pembukaan Kejuaran Nasional (Kejurnas) IV yang digelar Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Jumat (25/3). Dalam acara tersebut, sambutan Jokowi akhirnya diwakili oleh Menteri Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali melalui tayangan video.

Karena itu, Ketua Umum Pagar Nusa NU, Muhamad Nabil Haroen menyindir Presiden Jokowi dan presiden lainnya tidak pernah hadir dalam acara Pagar Nusa. Menurut dia, selama ini hanya Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah hadir di acara Pagar Nusa NU.

Baca Juga

Gus Nabil mengatakan, Gus Dur dulu pernah menyampaikan bahwa ketika tidak ada yang bisa dimiliki lagi, maka Pagar Nusa yang bisa mengawal NKRI. “Dan alhamdulillah Gus Dur pula lah menjadi presiden satu-satunya yang hadir dalam acara Pagar Nusa,” ujar Gus Nabil saat sambutan dalam acara pembukaan Kejurnas IV Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Jumat (25/3).

Dia pun berharap presiden lainnya juga bisa mengikuti Gus Dur, termasuk Presiden Jokowi. “Semoga presiden-presiden yang lain bisa mengikuti Gus Dur. Kalau tidak ada, nanti presiden yang dari Pagar Nusa,” ucap Gus Nabil disambut tepuk tangan ratusan pendekar muda Pagar Nusa.

Dalam kesempatan itu, Gus Nabil juga menyampaikan bahwa Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf juga akan hadir pada acara penutupan Kejurnas IV Pagar Nusa pada Ahad (27/3). Menurut dia, pimpinan NU tersebut akan memberikan pesan-pesannya untuk para kader Pagar Nusa.

“Maka nanti mari kita dengarkan apa yang dawuh dari PBNU nanti pada penghujung acara ini. Dan saya ingin kejuaraan ini kita ikuti secara khidmat dan seksama. Karena, saya yakin Kejurnas Pagar Nusa akan menjadi barometer kejurnas di tempat yang lain,” kata Anggota DPR RI dari fraksi PDIP ini.

Sementara itu, Menteri Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menyampaikan permohonan maafnya kepada Pagar Nusa lantaran Presiden Jokowi tidak bisa hadir dalam acara Kejurnas tersebut.

“Saya ingin menyampaikan pemrohonan maaf dari Bapak Presiden RI, Bapak Joko Widodo karena beliau berhalangna hadir dalam kegiatan ini, bertepatan dengan waktu yang bersamaan ada kegiatan lain yang sudah teragendakan,” jelas Zainudin dalam tayangan video sambutannya.

Kejurnas IV ini dibuka secara simbolis oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Muhammad Siddiq dengan memukul gong. Dia hadir untuk mewakili Ketua Umum PB IPSI, Prabowo Subianto.

“Hari ini kita semua bisa hadir untuk menyaksikan momen penting yaitu pembukaan Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa. Ini adalah satu hal yang besar, satu yang penting untuk terus dikembangkan,” kata Siddiq.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA