Jumat 25 Mar 2022 20:12 WIB

Yayasan UID-YIUS-Gajah Tunggal Sumbang Alkes ke Kabupaten Kotabaru Kalsel 

Kabupaten Kotabaru mendapat bantuan Alkes dari UID-YIUS-Gajah Tunggal

Yayasan UID-YIUS-Gajah Tunggal Sumbang Alkes ke Kabupaten Kotabaru Kalsel 
Foto: Dok Republika
Yayasan UID-YIUS-Gajah Tunggal Sumbang Alkes ke Kabupaten Kotabaru Kalsel 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Yayasan Upaya Indonesia Damai atau yang juga dikenal sebagai United in Diversity (UID) bersama Yayasan Indonesia Untuk Semua (YIUS) menyumbangkan sejumlah alat kesehatan untuk vaksinasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan pada Jumat (25/3/2022).

Sumbangan tersebut diserahkan Ketua YIUS Faldo Maldini kepada Kepala Dinkes Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, bertempat di kantor Pemda Kabupaten Kotabaru di Kotabaru Hilir, Pulau Laut Utara. Disaksikan oleh Sekretaris Daerah, H. Said Akhmad. 

Baca Juga

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinkes Kotabaru atas kolaborasinya serta semangat dan kegigihan yang ditunjukkan jajaran Puskesmasnya dalam program sentra vaksinasi UID-YIUS di kabupaten ini, yang mencakup 21 kecamatan dan melibatkan 28 Puskesmas. Lebih dari 60 sentra vaksinasi didirikan di sini, di samping vaksinasi keliling yang mendatangi rumah rumah warga," kata Faldo Maldini.

Ketua UID, Tantowi Yahya, dalam pesan tertulisnya menyampaikan apresiasi atas semangat kebersamaan dan gotong royong antara Pemda provinsi Kalimantan Selatan, dan khususnya Kabupaten Kotabaru dengan UID, YIUS dan kelompok perusahaan Gajah Tunggal dalam misi kemanusiaan mengatasi pandemi Covid-19.

Semangat ini lebih memberi makna mengingat kondisi geografis kabupaten Kotabaru yang begitu menantang. Tantowi Yahya pun mengingatkan pesan Presiden yang menekankan kerja keras, gotong royong dan bersatupadunya semua elemen bangsa sebagai modal utama dalam keberhasilan kita semua melewati puncak keganasan penyebaran Covid-19. 

Program vaksinasi massal di kabupaten Kotabaru yang didukung oleh Gajah Tunggal serta PT Pelsart Tambang Kencana dan PT Indo Muro Kencana ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada 5 November 2021 dan berakhir pada 25 Februari 2022. Pencapaiannya lebih dari 40.000 akseptor, untuk dosis-1, dosis-2 dan dosis penguat/booster. 

Josef Francisco dari PT Pelsart Tambang Kencana yang juga mewakili perusahaan sponsor lainnya merasa berbesar hati bisa menyalurkan bantuan penanggulangan Covid-19 dari kelompok perusahaan Gajah Tunggal melalui UID dan YIUS untuk vaksinasi massal di Kabupaten Kotabaru. Bagi PT Pelsart Tambang Kencana (PTK) sendiri ini merupakan sumbangannya yang ke-2 kepada Kabupaten Kotabaru setelah sebelumnya di bulan Oktober 2021 secara langsung menyumbang uang Rp.500 juta ditambah masker, handsanitizer.

PTK juga telah memberikan bantuan yang sama kepada Pemda Provinsi Kalimantan Selatan. "Sumbangan tersebut kiranya bisa ikut mendorong percepatan dan pemerataan cakupan vaksinasi demi pencapaian target persentase yang dipersyaratkan bagi terbentuknya herd imunity", ujar Josef Francisco. 

Kegiatan vaksinasi massal di Kalimantan Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Kotabaru ini merupakan bagian dari penyelenggaraan sentra vaksinasi UID-YIUS di Pulau Kalimantan dan berjalan paralel dengan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Program sentra vaksinasi UID-YIUS yang didukung Gajah Tunggal dan kelompok perusahaannya secara luas berlangsung sejak awal September 2021, yang ditujukan ke berbagai kabupaten/kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. 

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, pemerintahan daerah setempat, dinas kesehatan, serta instansi TNI- Polri ini telah berakhir dengan pencapaian lebih dari 580.000 akseptor, meliputi vaksinasi dosis-1 dan dosis-2 mau pun booster

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement