Jumat 25 Mar 2022 18:38 WIB

Mengulik Alasan Henderson Meninggalkan Manchester United

Karier Henderson terhenti di Old Trafford dan dia perlu membuka pintu keluar

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
 Reaksi kiper Manchester United Dean Henderson saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Liverpool, di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis, 13 Mei 2021.
Foto: Michael Regan/Pool via AP
Reaksi kiper Manchester United Dean Henderson saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Liverpool, di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis, 13 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Dean Henderson punya banyak alasan untuk meninggalkan Manchester United di musim panas nanti. Henderson tidak akan melihat ke perjalanan selama musim 2021/2022 bersama Manchester United dengan perasaan suka cita.

Ia yang berharap menjadi kiper pilihan pertama di Old Trafford musim ini, harus menerima kenyataan pahit bahkan sebelum permainan. Mantan pemain pinjaman Sheffield United itu terjangkit Covid-19 pada pertengahan Juli dan membutuhkan beberapa minggu untuk pulih sepenuhnya, sehingga ia tidak kembali berlatih penuh di Carrington hingga akhir Agustus.

Henderson berjuang untuk mengatasi gejalanya dan melewatkan hampir semua latihan pra-musim United, pertandingan pemanasan mereka dengan QPR dan Brentford dan juga enam pertandingan Liga Primer Inggris pertama mereka. itu berarti bahwa ia menghadapi perjuangan berat untuk menggantikan David de Gea sebagai No.1 United.

Tapi di sisi lain, penjaga gawang mana pun sepertinya akan kesulitan menggantikan De Gea musim ini. Pemain Spanyol itu dalam performa yang sangat baik sepanjang musim dan akan menjadi salah satu dari segelintir pemain United yang lolos musim ini dengan segala macam bentuk pujian apa pun.

Ketika De Gea menikmati pusat perhatian dan menjadi sosok yang selalu ada, Henderson telah terbiasa menonton United dari kenyamanan kursi ruang istirahat Old Trafford. Bagi seorang penjaga gawang, itu tentu ujian berat untuk menonton briefing, mengetahui hanya satu tempat yang akan diperebutkan, terutama ketika saingan terdekat sedang dalam performa yang luar biasa.

Ia yang hanya bermain tiga kali musim ini di semua kompetisi harus merasakan dampak yang lebih jauh terutama tentang perannya di timnas Inggris. Kelalaian yang dilakukan oleh mantan pemain Shrewsbury Town itu sebagai pemain inti sangat memengaruhi kariernya, tidak terkecuali peluangnya di Inggris.

Menyusul konfirmasi pemanggilan kiper Southampton Fraser Forster ke skuad untuk menggantikan Sam Johnstone yang sakit, yang awalnya menggantikan Aaron Ramsdale yang cedera, ini menyoroti seberapa jauh urutan kekuasaan Henderson telah jatuh untuk mendapatkan tempat di skuad Three Lions.

Gareth Southgate, selama jeda internasional ini saja, telah memilih lima penjaga gawang yang berbeda untuk menjadi bagian dari skuadnya untuk pertandingan persahabatan mendatang dengan Swiss dan Pantai Gading, dan penjaga gawang United belum pernah dipertimbangkan.

Pada bentuk saat ini, keputusan Southgate tak dapat diperdebatkan. Forster, yang genap berusia 34 tahun bulan lalu, telah menjadi starter dalam 12 pertandingan terakhir Southampton di Liga Inggris dan menjadi starter sebanyak 13 kali pada 2022, yang berarti ia telah bermain lebih banyak di bulan Maret daripada yang dimiliki Henderson sepanjang musim.

Fakta bahwa seorang pemain berusia 34 tahun, yang hampir tidak memiliki peluang untuk menjadi penjaga gawang pilihan pertama Inggris, telah dipilih di depan pemain berusia 25 tahun menunjukkan harus ada tindakan yang diambil Henderson untuk menyelamatkan karirnya.

Karirnya terhenti di Old Trafford dan dia perlu membuka pintu keluar untuk mencari tim utama reguler musim panas ini, terlepas dari perubahan apa yang diperkenalkan di United setelah mereka mengangkat manajer permanen berikutnya.

Newcastle United dan Watford sama-sama telah mencoba untuk mengontrak Henderson, yang hanya memiliki satu cap Inggris atas namanya, pada tahap akhir jendela transfer Januari dengan status pinjaman, dalam upaya untuk menawarkannya bermain reguler di tim utama.

Namun, upaya Hornets pada hari tenggat waktu mereka untuk mengontrak penjaga gawang kelahiran Whitehaven gagal, dengan United tidak ingin membiarkannya pergi.

Pasalnya, bos sementara Ralf Rangnick , yang telah memberi penjaga gawang hanya dua penampilan sejak mendapatkan pekerjaan itu, menjelaskan kepada Henderson bahwa dia tidak akan diizinkan pergi dengan status pinjaman. Itu seperti menunjukkan kemungkinan Henderson dibutuhkan jika De Gea cedera.

Tetapi kenyataannya, United memiliki opsi lebih lanjut yang tersedia untuk mereka. Ini adalah cerita klise sepak bola yang sudah berjalan lama dan tidak pernah berakhir. Henderson sekarang berada di usia di mana ia layak mendapatkan sepak bola tim utama.

Dia bukan lagi anak muda, dia berusia 25 tahun dan perlu meletakkan akarnya sebagai penghenti tembakan pilihan pertama. Dengan Piala Dunia sekarang hanya di bawah delapan bulan lagi, Henderson kehabisan waktu untuk mengikuti audisi untuk mendapatkan tempat di skuad terakhir Southgate.

Keluar dari Old Trafford mungkin satu-satunya solusi untuk menjaga mimpinya tetap hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement