Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Bercak Hitam di Leher Belakang Bisa Jadi Peringatan Pradiabetes

Jumat 25 Mar 2022 18:17 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Bercak hitam di belakang bisa menjadi salah satu peringatan dini diabetes. (ilustrasi)

Bercak hitam di belakang bisa menjadi salah satu peringatan dini diabetes. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com.
Anda lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 jika memiliki tekanan darah tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peningkatan kadar gula darah dapat ditentukan melalui tes darah. Tanda-tanda acanthosis nigricans bisa menjadi pertanda Anda harus ke dokter.

Para ahli di American Academy of Dermatology Association menjelaskan tanda-tanda peringatan acanthosis nigricans. Misalnya, bercak atau pita kulit mungkin terlihat gelap dan beludru di bagian belakang leher, di ketiak, atau selangkangan. Menurut National Health Service (NHS), kondisi kulit ini, bisa menjadi indikasi berbagai kondisi kesehatan.

Baca Juga

Contoh kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan acanthosis nigricans meliputi kegemukan, sindrom cushing, sindrom ovarium polikistik, dan tiroid kurang aktif. Karena alasan inilah, acanthosis nigricans harus diperiksa oleh dokter untuk menyelidiki akar masalahnya.

Kecurigaan gula darah tinggi juga harus ditangani oleh seorang profesional medis. Mayo Clinic menyoroti gejala klasik dari diabetes tipe 2 seperti rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, meningkatnya rasa lapar, kelelahan serta penglihatan kabur. Gejala lainnya adalah mati rasa atau kesemutan di kaki atau tangan, infeksi yang sering terjadi, luka yang lambat sembuh dan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Badan amal, Diabetes UK, mengatakan Anda lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 jika memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah dan risiko diabetes, Anda harus berolahraga secara teratur.

Diabetes tipe 2 dapat dicegah. Ini bahkan berlaku jika Anda memiliki pradiabetes. Hal ini ditekankan oleh Diabetes UK.

Faktanya, diagnosis pradiabetes adalah kesempatan untuk mengubah gaya hidup. Selain berolahraga lebih teratur, diabetes dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan menurunkan berat badan (jika Anda kelebihan berat badan).

Diabetes UK menyarankan Anda untuk mengonsumsi minuman yang tidak mengandung tambahan gula. "Kami tahu ada hubungan antara mengonsumsi minuman bersoda dan minuman berenergi dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2," ujar badan amal tersebut.

Oleh karena itu, ketika berbicara tentang teh dan kopi, pilihlah yang tanpa gula. Air putih adalah minuman terbaik untuk Anda. Jika ingin menambahkan sedikit rasa pada air putih, Anda bisa menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis.

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 kurangi juga konsumsi daging merah dan olahan seperti sosis, sapi, dan domba; yang semuanya dikaitkan dengan peningkatan risiko gula darah tinggi. Jika Anda sudah menderita diabetes, praktikkan langkah-langkah gaya hidup sehat untuk membantu kondisi Anda. Gula darah tinggi dapat distabilkan melalui obat-obatan, jika diperlukan, juga dengan diet sehat dan olahraga.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA