Jumat 25 Mar 2022 17:56 WIB

Polisi: Demonstrasi 212 Kondusif, Kita Hadapi dengan Humanis

Aksi ini digelar lantaran beberapa pihak diduga melakukan penistaan agama Islam.

Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto (kanan),
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto (kanan),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya memastikan aksi unjuk rasa Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, berjalan secara kondusif. Polisi mengaku menghadapi demonstran dengan humanis.

"Semua kondusif, kita hadapi dengan humanis. Tidak perlu memakai kekerasan," kata Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto, saat ditemui di lokasi demo, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga

Marsudianto mengatakan, demonstrasi berjalan dengan kondusif sejak pertama kali digelar sekitar pukul 13.30 WIB dengan perkiraan massa sekitar 200 orang. Mereka menggelar aksi di pintu Monas bagian barat daya, tepat di seberang patung kuda.

Sedikitnya 1.000 personel pun diturunkan oleh Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat guna memastikan aksi tersebut berjalan dengan kondusif. Kendati demikian, Marsudianto membenarkan situasi sempat memanas sebelum massa meninggalkan lokasi demonstrasi pada pukul 16.12 WIB.Namun demikian, situasi kembali kondusif pasca polisi mengimbau massa untuk membubarkan diri.

Sampai saat ini, kondisi lalu lintas di kawasan Patung Kuda Monas kembali normal. Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Istana Merdeka dan Patung Kuda kembali digunakan pengendara.

Aksi ini digelar lantaran beberapa pihak diduga melakukan penistaan terhadap agama Islam.Salah satu yang dinilai menistakan agama yakni Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, lantaran pernyataannya terkait dugaan analogi adzan dengan gonggongan anjing, beberapa waktu lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement