Jumat 25 Mar 2022 18:00 WIB

Agar Kita Bisa Maksimalkan Ibadah Ramadhan, Ini Nasihat Ulama Besar Al Azhar

Setiap Muslim harus memaksimalkan peluang Ramadhan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Anggota Majelis Ulama Senior dan mantan Mufti Mesir, Dr. Ali Jum'ah menyatakan setiap Muslim harus memaksimalkan peluang Ramadhan di setiap waktunya untuk meraih keutamaannya. Terlebih saat Ramadhan, waktu siang dan malamnya tidak kalah pentingnya untuk diisi dengan ibadah. 

Syekh Ali Jum'ah kemudian memberikan beberapa tips persiapan menghadapi Ramadhan. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan sebelum bulan suci tiba:

Baca Juga

  • Mengatur waktu

Penting bagi Muslim untuk mulai membiasakan diri mengatur waktu ibadah dengan mengacu pada pembagian ibadah siang dan malam. Seperti diketahui, saat Ramadhan, seorang Muslim akan berpuasa pada siangnya dan melakukan qiyamullail pada malamnya. 

  • Melatih diri melakukan berbagai ibadah 

Waktu-waktu Ramadhan akan dihiasi dengan berbagai ibadah, seperti puasa, tilawah hingga sholat malam. Penting untuk melatih diri membiasakan ibadah-ibadah tersebut sebelum datang Ramadhan. 

  • Memperbanyak puasa di bulan Sya'ban

Dengan banyak berpuasa di bulan Sya'ban memudahkan seorang muslim dalam menunaikan tugas puasa di bulan Ramadhan dan tidak merasa kesulitan dalam ibadah yang besar itu. Terutama karena Sya'ban adalah bulan yang sesuai dengan iklim dan panjang dan pendeknya hari dengan bulan Ramadhan.  membiasakan puasa akan memudahkan umat Islam untuk melakukannya.

  • Memperbanyak tilawah Alquran

Membiasakan membaca Alquran, mempelajarinya, dan berusaha untuk mengkhatamkan Alquran di bulan Sya'ban akan memudahkan ibadah tersebut saat Ramadhan. 

  • Memperbanyak dzikir

Tidka lupa juga ibadah terpenting, yakni berdzikir atau mengingat Allah SWT. Seperti diketahui, dzikir adalah salah satu amalan utma yang hatus juga dibiasakan sebelum Ramadhan datang. 

Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ 

Artinya: "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Ankabut:45).

  • Berdoa kepada Allah agar dimudahkan segala upayanya 

Dengan berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT, seorang Muslim meminta agar diberi kemudahan dalam melakukan segala upayanya dalam beribadah saat Ramadhan. Tentunya juga dengam berdoa agar diberi kesempatan menikmati berkah Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement