Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Damkar Depok Evakuasi Ular Sanca yang Masuk ke Rumah Warga

Jumat 25 Mar 2022 17:38 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas menunjukan seekor ular sanca batik yang diamankan dari perumahan warga (ilustrasi)

Petugas menunjukan seekor ular sanca batik yang diamankan dari perumahan warga (ilustrasi)

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Satu unit ranger dan empat orang petugas mengevakuasi ular sanca itu.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor ular sanca yang masuk ke rumah warga di Jalan Poncol RT 02 RW 10 No 42 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya ular Sanca tersebut pukul 10.00 WIB. 

Kemudian, pihaknya langsung  bergerak cepat ke lokasi guna melakukan evakuasi. "Kami menerjunkan satu unit ranger dengan jumlah personel sebanyak empat orang untuk mengevakuasi ular sanca tersebut," ujar Welman di Kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga

Menurut Welman, untuk mengevakuasi ular, pihaknya menggunakan sejumlah peralatan. Antara lain grab hook, grab stick, sarung tangan, dan pelindung mata.

"Kepada warga Kota Depok apabila ada ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar jangan diganggu atau mencoba menangkap sendiri. Apalagi kalau tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular. Diamkan saja sambil tetap diperhatikan gerakannya sehingga ketika petugas Damkar sampai di lokasi dapat diinformasikan posisi ular terakhir. Kemudian, bisa langsung telpon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA