Kamis 24 Mar 2022 23:49 WIB

Polres Malang Dorong Percepatan Vaksinasi untuk Lansia

Polres Malang akan tetap melakukan upaya antisipasi penyebaran virus Corona.

Polres Malang Dorong Percepatan Vaksinasi untuk Lansia (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Polres Malang Dorong Percepatan Vaksinasi untuk Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Kepolisian ResorMalang berupaya untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, yang diprioritaskan bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur dalam kategori lanjut usia.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan, dalam upaya untuk melakukan percepatan vaksinasi terhadap para lansia di wilayah tersebut khususnya menjelang Ramadhan, pihaknya melakukan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

Baca Juga

"Vaksinasi lansia menjadi prioritas kita, karena saat Lebaran akan menjadi tujuan mudik bagi keluarga yang akan menengok orang tuanya," kata Ferli.

Ferli menjelaskan, pada saat melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi di Kantor Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, ada sejumlah hal yang disampaikan kepada Muspika Kepanjen dan tim vaksinator terutama terkait meningkatnya kegiatan masyarakat.

Menurutnya, saat ini Polres Malang berupaya untuk memprioritaskan pemberian vaksin dosis kedua bagi para lansia yang ada di wilayah tersebut. Hal itu disebabkan pada saat mudik Lebaran, akan banyak para pemudik yang pulang kampung untuk bertemu dengan orang tua.

"Bulan Ramadhan sudah dekat, hal ini perlu kita antisipasi karena pasti nanti kegiatan masyarakat akan meningkat," katanya.

Ia menambahkan, menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan pada 2022, Polres Malang akan tetap melakukan upaya antisipasi penyebaran virus Corona dengan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Sudah pasti kegiatan masyarakat akan meningkat dan kami mengantisipasi agar warga tetap melaksanakan prokes dengan baik, sehingga penyebaran COVID-19 bisa dikendalikan," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang yang dikutip dari laman satgascovid19.malangkab.go.id tercatat jumlah sasaran vaksinasi di wilayah tersebut sebanyak 2.078.406 jiwa. Saat ini, capaian vaksinasi secara umum berada pada kisaran 86,80 persen.

Tercatat, sebanyak 1,8 juta warga Kabupaten Malang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama, dan 1,5 juta untuk dosis kedua. Sementara untuk dosis penguat atau booster, saat ini telah diberikan kepada 114.859 jiwa.

Untuk capaian vaksinasi bagi para lansia tercatat berada pada kisaran 62,57 persen dan 89,66 persen untuk anak-anak. Secara keseluruhan, di wilayah Kabupaten Malang ada sebanyak 25.541 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan menyisakan sebanyak 228 kasus aktif. Dari total kasus konfirmasi tersebut, sebanyak 24.301 orang dilaporkan sembuh, sementara 1.012 orang meninggal dunia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement