Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Pengidap Hipertensi Rentan Alami Pusing, Mual, dan Muntah Saat Puasa, Cara Mencegahnya?

Jumat 25 Mar 2022 00:38 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Mengukur tekanan darah (Ilustrasi). Pengidap hipertensi disarankan untuk melakukan persiapan puasa sebelum bulan Ramadhan tiba.

Mengukur tekanan darah (Ilustrasi). Pengidap hipertensi disarankan untuk melakukan persiapan puasa sebelum bulan Ramadhan tiba.

Foto: iStockPhoto
Rasa pusing, mual, dan muntah dapat ganggu kenyamanan berpuasa pengidap hipertensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengidap hipertensi cenderung lebih sensitif mengalami keluhan saat menjalankan puasa. Mereka bisa saja mengalami kondisi seperti pusing, rasa berat pada tengkuk, mual, serta muntah.

Tentunya, hal itu akan mengganggu kenyamanan berpuasa. Untuk menghindari situasi tersebut, maka pengidap hipertensi perlu menjaga tekanan darah agar tetap terkendali.

Baca Juga

Bagaimana kalu merasa sudah tidak kuat untuk menahan rasa sakitnya? Ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Fitri Hudayani menyarankan agar segera berbuka dengan mengonsumsi air mineral.

"Jika kecenderungan tekanan darah kita tinggi, maka secepatnya lakukan tindakan penanganan dengan meriksakan diri. Karena hipertensi bukan sesaat saja. Biasanya memang sudah ada riwayat," ujar Fitri, dikutip dari Antara, Jumat (25/3/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA