Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Orang Tua Harus Ikuti Perkembangan Zaman demi Masa Depan Anak

Jumat 25 Mar 2022 00:35 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Menurut psikolog, orang tua harus ikuti perkembangan zaman untuk bangun karakter anak. (ilustrasi).

Menurut psikolog, orang tua harus ikuti perkembangan zaman untuk bangun karakter anak. (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Menurut psikolog, orang tua harus ikuti perkembangan zaman untuk bangun karakter anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Orang tua harus terus mengikuti perkembangan zaman demi mempersiapkan masa depan anak. Pernyataan itu disampaikan sikolog Saskhya Aulia Prima dari Universitas Indonesia.

"Penting bagi orang tua untuk mengikuti perkembangan zaman dan memahami peran kita dalam mendukung anak mengembangkan soft skill dan membangun karakter mereka," kata Saskhya dalam webinar, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga

Bukan hanya anak yang diajak mempelajari berbagai keterampilan demi masa depan, orang tua pun harus terus belajar dari berbagai sumber untuk bisa membesarkan anak dengan baik di tengah kehidupan yang dinamis. Penting juga untuk berdiskusi bersama pasangan agar orang tua dapat kompak dalam membesarkan anak. Diskusikan soal cara mendidik anak, sekolah apa yang akan dipilih, dan kegiatan apa yang akan diperkenalkan kepada buah hati.

Dulu, dunia maya dan dunia nyata dianggap berbeda. Namun saat ini dunia digital sudah menjadi bagian dalam keseharian. Maka, gabungkan semua alat untuk mengembangkan kemampuan anak, seperti memadukan buku dan gawai. "Ajari anak jadi digital citizen (warga negara digital) yang baik," kata dia.

Perilaku yang baik kini tak hanya penting di dunia nyata, tetapi juga di dunia digital. Rekam jejak di dunia maya dapat memengaruhi kehidupan di dunia nyata. Maka orang tua sepatutnya memandu anak sejak kecil untuk bisa memanfaatkan teknologi secara baik dan benar.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA