Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Presiden Ukraina Minta Bantuan Militer Lebih Banyak ke NATO

Jumat 25 Mar 2022 03:34 WIB

Red: Friska Yolandha

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Foto: Ukrainian Presidential Press Office via AP
Ukraina membutuhkan pesawat tempur, tank, rudalantikapal dan alat pertahanan udara.

REPUBLIKA.CO.ID, LVIV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis meminta bantuan militer lebih banyak kepada NATO untuk melawan pasukan Rusia yang menurutnya akan membidik negara anggota aliansi pertahanan itu di Eropa timur seperti Polandia.

Dalam KTT NATO di Brussels, Zelenskyy mengatakan Ukraina membutuhkan pesawat tempur, tank, rudalantikapal dan alat pertahanan udara yang canggih untuk mengusir pasukan Rusia saat perang memasuki bulan kedua.

Baca Juga

"Saya yakin Anda mengetahui bahwa Rusia tidak berencana berhenti di Ukraina," katanya lewat video yang dirilis kantor presiden Ukraina.

"Mereka ingin melangkah lebih jauh. Melawan anggota NATOdi timur. Negara-negara Baltik. Sudah pasti Polandia," kata Zelenskyy.

Selagi NATO diperkirakan akan meningkatkan dukungan terhadap Ukraina, Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan aliansi tersebut tidak akan mengirim pasukan atau pesawat ke Ukraina.

Zelenskyy mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diterima Ukraina dari masing-masing negara anggota NATO. "Tetapi NATO belum menunjukkan apa yang dapat dilakukan aliansi untuk menyelamatkan orang-orang," katanya.

"Seperti berada di zona abu-abu antara Barat dan Rusia, namun kita melindungi semua martabat kami dan Anda."

"Aliansi masih dapat mencegah kematian warga Ukraina dari gempuran Rusia, dari pendudukan Rusia, dengan memberikan kami semua senjata yang kami butuhkan," kata Zelenskyy.

 

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA