Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Proses MU Dapatkan Ten Hag takkan Mudah

Kamis 24 Mar 2022 20:19 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

Pelatih Ajax Erik ten Hag

Pelatih Ajax Erik ten Hag

Foto: EPA-EFE/MARIO CRUZ
MU telah dikaitkan dengan sejumlah manajer sejak pemecatan Ole Gunnar Solskjaer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erik ten Hag mengaku senang dengan pekerjaan yang berbeda dengan yang ada di Manchester United.

Laporan selama 24 jam terakhir menunjukkan bahwa manajer Ajax adalah yang terdepan untuk menggantikan Ralf Rangnick di Old Trafford musim panas ini. Namun, segala kemungkinan bisa terjadi dengan Setan Merah juga memiliki daftar alternatif lain.

Manchester United sedang bersiap untuk memulai era baru, setelah memecat Ole Gunnar Solskjaer di awal kampanye meskipun memberinya kontrak baru hanya beberapa bulan sebelumnya.

Setan Merah telah dikaitkan dengan sejumlah manajer sejak pemecatan pelatih asal Norwegia itu dan penunjukan Rangnick untuk sementara.

Tetapi meskipun United mengagumi orang-orang seperti Mauricio Pochettino, Julen Lopetegui dan Luis Enrique, Ten Hag-lah yang sekarang menjadi kandidat utama untuk mengambil alih di Old Trafford musim panas ini.

Pelatih berusia 52 tahun itu telah bernasib baik di Ajax selama lima tahun terakhir, ia sekali lagi membantu mereka menjadi kekuatan di kancah domestik dan Eropa musim ini.

Dia sudah mengadakan pembicaraan dengan United tentang mengambil pekerjaan mereka, dengan Setan Merah berharap untuk mengumumkan bos baru mereka sebelum akhir kampanye saat ini sehingga mereka dapat membantu dalam perencanaan untuk musim panas dan seterusnya.

Namun, pakar sepak bola Belanda Marcel van der Kraan mengklaim United mungkin kesulitan untuk mendapatkan Ten Hag. Bos Ajax itu bersemangat tentang pekerjaan lain, meskipun tidak diungkapkan klub mana yang akan membajak kemungkinan pindah ke Liga Primer Inggris.

"Ada tiga peluang besar bagi Erik ten Hag,” kata Van der Kraan kepada Sky Sports, dikutip dari Express, Kamis (24/3/2022).

"Manchester United hanyalah salah satunya. Saya tidak ingin mengurangi kegembiraan di Inggris, tetapi mungkin United belum melakukan semua pekerjaan. Ya, mereka telah melakukan pembicaraan positif dengan Ten Hag tetapi begitu juga dengan dua klub besar lainnya di Eropa," ungkapnya.

"Ini adalah klub yang bermain sepak bola Liga Champions dan memiliki peluang untuk memenangkan gelar di negara mereka sendiri. Salah satu klub itu sangat konkret untuk Ten Hag, dan saya pikir itu di daratan Eropa - bukan di Inggris. Saya tahu pasti bahwa Ten Hag sangat senang dengan pekerjaan itu juga," jelas Kraan.

Real Madrid juga telah dikaitkan dengan Ten Hag, terutama setelah kekalahan telak 4-0 pada laga El Clasico melawan Barcelona. Carlo Ancelotti saat ini adalah orang yang bertanggung jawab atas raksasa La Liga, setelah menggantikan Zinedine Zidane di musim panas.

Namun, sementara mereka di jalur untuk memenangkan gelar liga, sejarah menunjukkan bahwa mungkin tidak cukup untuk menyenangkan presiden klub Florentino Perez. Hanya dengan membimbing Los Blancos menuju kejayaan Liga Champions, Ancelotti dapat berharap untuk melihat tahun kedua berturut-turut di Spanyol.

Jika United kehilangan Ten Hag, maka ada kemungkinan mereka akan mencari salah satu alternatif dalam daftar pendek manajerial mereka. Pochettino adalah alternatif yang paling mungkin, terutama mengingat eliminasi Liga Champions PSG baru-baru ini di tangan Madrid awal bulan ini.

Orang-orang seperti Lopetegui, Enrique, Roberto Mancini dan Julian Nagelsmann juga merupakan kuda hitam untuk peran itu. Sementara itu, Van Der Kraan telah mengatakan awal pekan ini bahwa Ten Hag memiliki kemampuan untuk menangani ego besar di tengah minat dari United.

Jika dia pindah ke Setan Merah, dia akan mewarisi superstar seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Jadon Sancho dan Marcus Rashford. Namun Van der Kraan bersikeras dia bisa menangani ukuran tugas yang diberikan pengalamannya.

"Dia telah berada di manajemen selama lebih dari 23 tahun dan dia memiliki beberapa pemain yang sulit di Ajax. Tapi itu tidak jauh dari Galactico. Dia bukan tipe pria paling brilian di depan kamera atau berbicara dengan pemainnya, tapi otak sepak bolanya brilian," katanya.

Dia juga menilai United memiliki keuntungan dalam hal Ten Hag karena kehadiran Rangnick, yang diprioritaskan untuk menjadi konsultan.

"Ten Hag baru-baru ini menjelaskan bahwa idealnya dia ingin seorang direktur teknis duduk di sampingnya di bangku cadangan bahkan dalam pertandingan dan berada di dekatnya sepanjang waktu, di tempat latihan, di mana saja," katanya.

"Ten Hag adalah penggemar beratnya dan tentu saja dengan kehadiran Rangnick di sana, Anda hampir bisa melihat opsi ideal untuknya," jelas Kraan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA