Kamis 24 Mar 2022 16:23 WIB

Darul Hikam Gelar DHE 2022

'Kami mengundang para guru, dosen atau mahasiswa untuk menyajikan praktek'.

Praktik teknik pada pelatihan beladiri praktis
Praktik teknik pada pelatihan beladiri praktis

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Sebagai kontribusi kami untuk dunia pendidikan, sekaligus memperingati milad Yayasan Darul Hikam yang ke-56, Darul Hikam akan menggelar  Darul Hikam Education Conference (DHEC) 2022. DHEC 2022 merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh Darul Hikam. Tahun ini merupakan penyelenggaran yang ke-4 dengan mengusung tema “Metaverse dan Pendidikan”.

Direktur Perguruan Darul Hikam, Dra. Hj. Ruri B Ramadhanti, MT menuturkan bahwa tujuan dari Darul Hikam Education Conference (DHEC) 2022 adalah memberikan pengetahuan tentang isu-isu aktual dalam mengembangkan pendidikan yang tepat untuk pendidikan Indonesia. Dan secara khusus tahun ini memberikan gambaran tentang arah Pendidikan Indonesia dalam menyongsong era metaverse. 

Ruri mengatakan Darul Hikam Education Conference (DHEC) 2022 dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) pada 28 - 29 Maret 2022. Moda online akan dilaksanakan melalui zoom meeting dan moda offline dilaksanakan di Kota Bandung. “Seperti tahun-tahun sebelumnya kami mengundang para guru, dosen atau mahasiswa untuk menyajikan praktek, baik ide-ide baru terkait dengan isu yang kami angkat. Oleh karena itu, kami membuka Call for Paper (Undangan menyajikan makalah). Dimana makalah yang terpilih akan dipresentasikan dalam sesi pararel di DHEC ke-4”, katanya dalam siaran pers Darul Hikam.

Ketua Pelaksana, Yulidzar,M.Pd menambahkan, tahun ini DHEC ke-4 mengusung tema Metaverse dan Pendidikan. Metaverse dipilih sebagai tema tahun ini karena sedang hangat diperbincangkan termasuk dalam sektor Pendidikan. Dalam dunia Pendidikan, metaverse sendiri akan membantu proses pembelajaran jarak jauh yg lebih efketif. Pihaknya membagi dalam beberapa subtema. Yaitu, Metaverse: Peluang atau Ancaman dalam Dunia Pendidikan oleh WIR Group  dan Prof. Dr. H. Adiwijaya, S.Si., M.Si. Juga Kurikulum Adaptif dalam Metaverse oleh Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Penyiapan SDM untuk Pendidikan Era Metaverse oleh Hj, Ruri B Ramadhanti. Design Pendidikan Karakter Era Metaverse oleh Munib Chatib, Dr. Ir. H. Sodik Mujahid, M.Sc., o Dr. H. Abdul Fikri Faqih. Teknologi 4.0 di Ruang Kelas Abad ke-21 oleh Obert Hoseanto, Dr. Ir. Muhammad Awaluddin MBA, dan Shinta VR.

“Selain itu, makalah yang terpilih akan diterbitkan dalam jurnal nasional ber-ISSN atau Jurnal Internasional. Di samping itu, DHEC ini juga terbuka bagi pegiat Pendidikan Indonesia yang ingin memperbaharui pengetahuan terkini di bidang Pendidikan dan metaverse. Mereka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta dalam DHEC. Kami menargetkan sekitar 100 orang hadir di venue acara dan sekitar 150 – 200 peserta online”, paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement