Kamis 24 Mar 2022 14:25 WIB

Pengguna Zoom Bisa Sambungkan Rapat Langsung ke Twitch

Zoom mempermudah streaming langsung rapat atau webinar pengguna ke Twitch.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi video confrence Zoom. Ilustrasi
Foto: The Star Online
Aplikasi video confrence Zoom. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Zoom mengumumkan pada Rabu (23/3/2022) mempermudah streaming langsung rapat atau webinar pengguna ke Twitch. Nantinya, Zoom akan menambahkan integrasi asli dengan layanan streaming ke aplikasinya. Setelah pengguna menghubungkan akun Zoom dan Twitch, mereka dapat mulai menyiarkan rapat hanya dengan beberapa klik.

Zoom mengatakan fitur tersebut bertujuan untuk merampingkan proses berbagi konten di dalam komunitas dan diharapkan dapat digunakan untuk hal seperti webinar perusahaan. Namun, ada banyak kasus penggunaan yang bisa dilakukan melalui fitur ini.

Baca Juga

Misal, ini akan menjadi pilihan yang mudah bagi orang-orang yang ingin melakukan podcast langsung, berbagi wejangan, atau membuat sesuatu seperti pertemuan balai kota yang tersedia untuk umum. Bisa juga untuk melalkukan streaming stand-up pagi hari pukul 08.00 jika Anda benar-benar bersemangat untuk membagikan apa yang sedang Anda kerjakan kepada dunia, walaupun Anda mungkin ingin memeriksa kebijakan perusahaan untuk memastikan tidak ada apa-apa.

Sebenarnya, bukan tidak mungkin untuk melakukan streaming rapat Zoom ke Twitch. Sebab, Zoom mendukung streaming ke platform lain seperti Facebook dan YouTube dan memungkinkan Anda menambahkan layanan streaming khusus.

Dikutip The Verge, Kamis (24/3/2022), secara teknis, Anda dapat melakukan streaming ke Twitch dengan menambahkan URL dan kunci streaming Anda. Anda juga bisa mengatur OBS dan menggunakannya untuk melakukan streaming rapat, tetapi kedua opsi itu akan lebih kompleks daripada proses baru yang hanya melibatkan mengklik tombol “Live on Twitch” dan masuk ke layanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement