Kamis 24 Mar 2022 11:35 WIB

Rooney Masuk Hall of Fame Liga Primer Inggris, De Gea: Legenda!

De Gea dan Rooney mengantarkan MU merengkuh titel Liga Inggris 2012/2013.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan striker Manchester United, Wayne Roone, resmi masuk dalam hall of Fame Liga Primer Inggris pada 2022.
Foto: REUTERS/Jason Cairnduff
Mantan striker Manchester United, Wayne Roone, resmi masuk dalam hall of Fame Liga Primer Inggris pada 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan penyerang Manchester United (MU), Wayne Rooney, resmi masuk dalam hall of Fame Liga Primer Inggris. Bersama eks gelandang Arsenal, Patrick Vieira, Rooney menjadi dua mantan pesepak bola pertama yang masuk dalam Hall of Fame Liga Primer Inggris pada 2022.

Masuknya Rooney dalam Hall of Fame Liga Primer Inggris ini pun mendapatkan respons dari mantan rekan setimnya di Man United, David de Gea. Kiper asal Spanyol itu hanya mengungkapkan satu kata untuk menggambarkan kekagumannya terhadap Rooney.

Baca Juga

''Legenda,'' tulis De Gea kala membalas salah satu unggahan Manchester United di media sosial soal terpilihnya Rooney masuk dalam Hall of Fame Liga Primer Inggris, seperti dilansir Sports Keeda, Kamis (24/3/2022). De Gea mulai berbagi lapangan dengan Rooney saat direkrut MU dari Atletico Madrid pada 2011 silam.

Baik De Gea maupun Rooney sukses mengantarkan Man United merengkuh titel Liga Primer Inggris musim 2012/2013. Itu juga sekaligus menjadi persembahan titel Liga Primer Inggris terakhir Rooney buat MU.

Rooney dinilai memenuhi syarat untuk masuk dalam Hall of Fame Liga Primer Inggris, termasuk keberhasilan meraih setidaknya tiga titel kasta tertinggi sepak bola di Inggris tersebut.

photo
Penjaga gawang Manchester United David de Gea melakukan selebrasi pada akhir pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leeds United dan Manchester United, di Stadion Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad, 20 Februari 2022. - (AP Photo/Jon Super)

Mulai bergabung bersama MU pada 2004 usai direkrut dari Everton, eks penyerang timnas Inggris itu meraih berbagai kesuksesan bersama Man United. Tidak hanya lima gelar juara Liga Primer Inggris dan satu trofi Piala FA, mantan penyerang DC United itu berhasil memboyong titel Liga Champions ke Stadion Old Trafford pada musim 2007/2008.

Selama 13 musim memperkuat skuad Iblis Merah, Rooney berhasil mencetak total 253 gol dan 146 assist dari 559 laga di semua ajang. Catatan gol Rooney ini pun mengantarkan pemain jebolan akademi Everton sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Man United.

Dengan rekam jejak dan sejarah kesuksesan bersama Man United, Rooney, yang saat ini menjabat sebagai pelatih sementara Derby County, sempat masuk dalam kandidat pelatih MU pada musim depan.

Kendati begitu, dalam wawancara dengan Manchester Evening News, Rooney menegaskan kembali komitmennya dengan Derby County.

''Manchester United dan Everton adalah dua klub yang benar-benar ingin saya latih pada masa mendatang. Namun, saat ini, saya masih memiliki komitmen dengan Derby County. Jadi, fokus utama saya saat ini adalah untuk Derby County,'' tegas Rooney.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement