Kamis 24 Mar 2022 08:57 WIB
...

Hambatan Keluarga Ricketts untuk Ambil Alih Chelsea

Selain Ricketts, ada 5 kandidat lain yang punya kans untuk mengambil-alih Chelsea.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Keluarga Ricketts adalah salah satu dari investor Amerika Serikat (AS) yang diyakini memiliki kemampuan untuk mengambil alih Chelsea.
Foto: Justin Wan/Lincoln Journal Star via AP)
Keluarga Ricketts adalah salah satu dari investor Amerika Serikat (AS) yang diyakini memiliki kemampuan untuk mengambil alih Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub elite Liga Inggris, Chelsea, tengah dirundung masalah yang tak habis-habisnya musim ini. Chelsea terpaksa harus menjual sahamnya setelah pemiliknya asal Rusia, Roman Abramovich dijatuhi sanksi oleh Pemerintah Inggris karena dugaan terkait dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Keluarga Ricketts adalah salah satu dari investor Amerika Serikat (AS) yang diyakini memiliki kemampuan untuk mengambil alih Chelsea. Namun, pemilik tim bisbol Chicago Cubs itu telah terjebak dalam kehebohan setelah isu rasialisme mencuat kembali ke permukaan.

Baca Juga

Itu berasal dari komentar bersejarah dari email Joe Ricketts yang mengatakan Muslim "adalah musuh saya", memicu reaksi marah dari mereka yang terkait dengan Chelsea. Keluarga Ricketts saat ini sedang mencoba untuk meredakan kemarahan itu demi memenangkan persaingan mengambil kepemilikan Chelsea.

Tapi komentar bersejarah itu telah memicu mantan pemain sayap Chelsea Paul Canoville yang bersikeras agar Chelsea tetap menjadi klub yang secara konsisten menyuarakan gerakan anti-rasisme, menolak pengambilalihan oleh keluarga Ricketts. Tetapi keluarga Ricketts telah mengeluarkan pernyataan untuk meredakannya.

"Keluarga kami menolak segala bentuk kebencian dengan cara yang sekuat mungkin. Rasisme dan Islamofobia tidak memiliki tempat apapun dalam masyarakat kita," tulis pernyataan keluarga Ricketts, dikutip dari Mirror, Rabu (23/3/2022).

Ricketts mengeklaim keluarganya telah mengembangkan kemitraan yang mendalam dan langgeng dengan komunitas Muslim di Chicago juga dengan semua komunitas kulit berwarna selama ini.

"Menghormati keragaman dan inklusi adalah inti dari nilai-nilai keluarga kami," kata keluarga Ricketts. "Jika kami menang dalam tawaran kami untuk Chelsea, kami berkomitmen kepada klub dan para penggemar bahwa kami akan secara aktif mempromosikan nilai-nilai ini."

Pandangan terhadap keluarga Ricketts telah memberikan kesan bahwa pemain Muslim Chelsea akan memiliki masalah dengan keluarga Ricketts. Raine Group, sebuah bank investasi berkantor pusat di New York, AS, telah ditunjuk oleh Roman Abramovich, dan juga klub secara efektif mengatakan itu bisa menjadi kemunduran bagi keluarga Ricketts yang juga didukung oleh taipan AS Ken Griffin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement