Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Ada Kiper Berdarah Indonesia di J League, Ini Profil Singkatnya

Kamis 24 Mar 2022 06:42 WIB

Red: Israr Itah

Ryu Nugraha, pemain berdarah Indonesia yang berlaga di J3 League.

Ryu Nugraha, pemain berdarah Indonesia yang berlaga di J3 League.

Foto: Dok: J.LEAGUE - all rights reserved
Ryu Nugraha bermain di J3 League atau kasta ketiga Liga Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain Pratama Arhan, Indonesia juga punya 'duta' lain di kompetisi Liga Jepang atau J League. Dia adalah Ryu Nugraha. Ryu merupakan kiper muda berdarah Indonesia yang musim ini akan bermain di J3 League alias kasta ketiga Liga Jepang.

Ryu membela klub AC Nagano Parceiro yang berasal dari Prefektur Nagano. Ia akan menjadi satu dari tiga kiper di tim utama Nagano. Di klub ini, ia mengenakan nomor punggung 31.

Baca Juga

Musim lalu, Ryu dipinjamkan ke Fukui United dan bermain di kasta kelima Liga Jepang. Ryu tercatat tampil sebanyak 12 kali bersama Fukui United dan berhasil melakukan dua cleansheet. Ia membawa Fukui United juara. Musim ini, Ryu kembali dan masih memiliki kontrak hingga 2023.

Ryu lahir pada tahun 2000 yang merupakan tahun Naga, membuatnya diberi nama Ryu, yang berarti Naga dalam Bahasa Jepang. Pelajaran olahraga menjadi mata pelajaran yang paling ia kuasai di bangku sekolah, kini Ryu punya hobi bermain boling, biliar, darts, dan juga memancing. Boling juga jadi kegiatan yang dipilihnya saat merasa stres.

Saat sekolah dulu, ia mengaku selalu makan sesuatu saat istirahat karena selalu merasa sangat lapar.

“Saya tak bisa pergi ke Okinawa karena badai, jadi saya jalan-jalan di Tokyo saat hujan,” ujar Ryu soal kenangan yang paling ia ingat saat libur sekolah.

ONE OK ROCKS jadi band favorit Ryu. Ia punya ritual mendengarkan lagu-lagu band tersebut untuk memotivasi diri sebelum memulai pertandingan.

Pria yang mengaku ingin jadi arsitek jika bukan pesepak bola ini mengatakan ia sangat menyukai masakan ibunya di rumah dan menyukai wakung sawo, udang, belut, dan salmon sebagai bahan Sushi favoritnya.

Musim ini kembali ke Parceiro, Ryu bertekad untuk bisa turun berlaga dalam pertandingan bagi klub dan juga ingin mengunjungi banyak tempat wisata di Nagano saat tak bermain.

“Saya kembali ke Nagano! Kami akan melakukan yang terbaik musim ini, jadi saya mohon berikan kami dukungan terbaik!” kata Ryu untuk fan AC Nagano Parceiro.

Profil Ryu Nugraha

Panggilan: Ryu

Tanggal Lahir: 6 April 2000

Tempat Lahir: Kota Ueda, Prefektur Nagano

Tinggi, Berat Badan: 183cm, 80kg

Golongan Darah: O

Kaki Dominan: Kanan

Sepatu: Adidas

Ukuran Kaki: 28.5

Status: Belum menikah

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA