Kamis 24 Mar 2022 01:34 WIB

13 Jenis Kopi Lokal dari Indonesia Dipromosikan di Turki

Marmara ID akan membuka kantor, toko produk juga restoran Indonesia di Istanbul Turki

Indonesia membawa 13 jenis kopi lokal untuk dipromosikan di Turki
Foto: Istimewa
Indonesia membawa 13 jenis kopi lokal untuk dipromosikan di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sulitnya pasokan kopi Amerika Selatan membuka peluang bagi Indonesia untuk masuk pasar Turki. Indonesia sebagai negara penghasil kopi keempat terbesar seluruh dunia mulai gencar mewarnai pasar Turki dengan kopi Arabika, Robusta dan Liberika dari lima pulau besar di Indonesia.

Marmara ID, kuda hitam yang baru berlaga memasuki pasar kopi di Turki, memboyong 13 kopi Indonesia ke pameran kopi terbesar di Turki, Coffex ke empat di Halic Conggres Center, Beyoglu, Istanbul, Turki pada 17-20 Maret 2022.

Sempat diterpa badai salju selama tiga hari pertama, Marmara.id, perusahaan Aggregator Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia ke Pasar Istanbul, Turki, membawa 13 kopi Indonesia ke pasar Turki.

Sebut saja ada HRAcademy dengan Robusta Palembang dan Robusta Pangandaran,  Uwak Kopi Besemah dengan Robusta Pagaralam, Kopi Kampung Gesing dengan Robusta Temanggung, Ape for Ape Coffee dengan Arabika dan Robusta Mandailing serta Sada Coffee dengan Arabika dan Robusta Gayo.

Dihadiri lebih dari 10 ribu pengunjung dengan rekor penjualan senilai 8 juta dolar AS di tahun 2021, pameran kali ini diharapkan dapat menindaklanjuti pembeli potensial yang telah dikenalkan dengan kenikmatan kopi Indonesia sebelumnya. Indonesia masih memiliki potensi yang demikian besar, karena saat ini baru 3 persen pasar kopi Turki dikuasai Indonesia.

Sebagai salah satu acara yang menjadi penjuru dunia perkopian baik kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Coffex ke empat kali ini dihadiri juga oleh pelaku industri kopi Turki dan wilayah Eropa. Seperti eksporter, pengelola coffee shop, trader, petani, coffee roasters, pengusaha kopi, barista, asosiasi kopi, penikmat kopi, pengamat kopi, wartawan, blogger, termasuk masyarakat umum. Pavilion Indonesia mengusung tema, “Indonesian Coffee: The Heaven of Specialty Coffee.”

”Kami melihat Turki sebagai pasar yang sangat potensial. Turki telah terbukti sebagai negara yang perekonomiannya tetap hidup bahkan di masa tersulit selama pandemi. Untuk itulah kami berniat akan terus mendukung UMKM Indonesia yang ingin masuk ke pasar Turki," kata Alkiko Yukimasari, selaku pemilik Marmara Id dalam rilisnya, Rabu (23/3/2022).

Serius menggarap pasar Turki, Marmara ID akan segera membuka kantor representasi, toko produk Indonesia juga restoran Indonesia di kawasan Uskudar, Istanbul. Bagi para pemilik usaha yang tertarik untuk bergabung bersama Marmara ID, nantikan segera peluncuran Marmara ID di Istanbul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement