Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Asyik! :Workshop Guru Menulis Batch 5

Guru Menulis | Wednesday, 23 Mar 2022, 19:26 WIB
Ilustrasi. Guru menulis guru digital. Dok Republika

Oleh Oleh dari Workshop Online Republika Batch 5

=====

Workshop online Republika Batch 5 menghadirkan narasumber ahli di bidangnya yang dikhususkan untuk para guru senusantara, dengan kapasitas 250 peserta zoom sejak pukul 13.00 sd 17.00.

Diawali dari sesi teknik penulisan opini oleh wartawan senior Mas Subroto. Beliau menggarisbawahi pentingnya dasar argumen, rujukan tambahan dan judul yang menarik. di samping itu,

Mas Subroto juga mnegaskan perlunya mengenal segmen audiens yang beragam, menggunakan bahasa popular dan mengggali peristiwa aktual di sekitar masyarakat dengan perspektif yang baru.

Menurutnya seleksi karya opini di media massa non digital sangat ketat, hanya dipilih dua artikel dari puluhan artikel yang masuk. Beda dengan online, yang relatif lebih longgar dengan ketentuan dan keuntungan sendiri.

===

Pada sesi kedua disampaikan secara padat dan ringkas oleh Mas Riky Romadon, spesialis Data dan SEO, tentang optimasi presentasi digital oleh guru. Yaitu presentasi berbasis web seperti slide go. Ini lebih efisien dan akan menjadi aset digital sang guru.

Beliau juga menguraikan pentingnya ice breaking dalam memulai sesi pengajaran baik dalam PJJ atau dalam pembelajaran faktual.

Menurutnya, ice breaking dapat dijadikan sebagai pengantar pengajaran, melatih fokus, relaksasi dan membangun komunikasi. Mas Riky menambahkan perlunya setiap guru memiliki konten sendiri secara digital, karena guru dianggap yang ahli di bidangnya, tentu itu sangat bernilai, katanya.

====

Sesi ketiga menitikberatkan pada monetisasi konten, domain atau blog sehingga menjadi aset dan pasif income . Sesi ini diisi oleh Mas Elba Damhuri, menurutnya, nilai aktualitas konten sangat urgen di samping teknik penyajian dan ekosistem blog. Bergabung di retizen Republika akan memudahkan blogger untuk mendapatkan keterbacaan. apa lagi nanti akan ada sharing dari Republika, katanya memberi semangat.

Mas Elba menambahkan tips menulis yang KISS, keep it short simple. tulisan ringan, mendalam dan berkesan serta ringkas. perlu juga menimbang SEO friendly dalam tag dan judul tulisan kita. Karena hanya dua tulisan terbaik saja yang tayang di halaman utama google.

Acara yang seru dan bermanfaat ini dilandu oleh Mas Yuda dan Kak Lida yang diikuti oleh ratusan guru yang sangat antusias dalam memberi tanggapan.

Acara ditutup dengan absensi, e certificate, hadiah bagi penanya dan Lomba Guru Menulis tentang Guru Masa Kini.

====

Terima kasih kami untuk Republika, Para mentor dan sponsor, Adaro dan Telkomsel.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image