Rabu 23 Mar 2022 18:17 WIB

ACC Resmikan Digital Operation Center di DIY

DOC mengusung konsep sentralisasi proses berbasis teknologi.

Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama dari Astra meresmikan pusat operasional berbasis digital (digital operation center/DOC) di Sleman, Yogyakarta.
Foto: istimewa
Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama dari Astra meresmikan pusat operasional berbasis digital (digital operation center/DOC) di Sleman, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama dari Astra meresmikan pusat operasional berbasis digital (digital operation center/DOC) di Sleman, Yogyakarta, sekaligus mengenalkan entitas "berijalan".

“Saya sangat mengapresiasi Astra karena melihat Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang berpotensi untuk berinvestasi jangka panjang di bidang digital dan teknologi," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Direktur Business Development & Information Technology yang membawahi fungsi digital ACC, Mohammad Farauk, menjelaskan bahwa DOC mengusung konsep sentralisasi proses berbasis teknologi dengan menggunakan sistem kerja "agile workforce" untuk tiga pilar bisnis, yaitu Operations Center, Telephony Center dan Techno Center.

Sentralisasi proses di DOC menggabungkan beberapa fungsi operasional yang sebelumnya tersebar di cabang-cabang ACC menjadi terpusat dengan bantuan digitalisasi.

Konsep teknologi yang ditonjolkan DOC yaitu proses yang seamless dengan connectivity yang lebih menyeluruh dengan partner otomotif, asuransi, payment channel, e-commerce dan verification technology, sehingga proses menjadi lebih cepat untuk memuaskan pelanggan.

Sentralisasi proses dan teknologi didukung sistem kerja fleksibel sehingga bisa menyerap banyak tenaga kerja dari Yogyakarta melalui kerja sama dengan berbagai universitas dan komunitas.

“Sampai dengan Februari 2022, kami telah bekerja sama dengan lebih dari 400 mitra aktif lokal untuk penempatan fungsi Operations Center & Telephony Center,” tambah Farauk.

Perkenalkan "berijalan"

Pada kesempatan yang sama, ACC memperkenalkan platform "berijalan" yang digunakan sebagai branding PT Cipta Sedaya Digital Indonesia yang menaungi Digital Operation Center.

Berijalan Digital Operation Center telah mendukung pengembangan layanan digital di perusahaan pembiayaan dalam grup ACC yaitu PT Astra Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance dan PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance guna meningkatkan layanan bagi para debiturnya.

Selain itu, "berijalan" Digital Operation Center juga sudah mendukung pengembangan layanan digital dari PT Sedaya Multi Investama, PT Astra Auto Digital, PT Astra Kreasi Digital serta PT Astra Integrasi Digital. Tidak akan berhenti sampai di sini, berijalan Digital Operation Center akan terus berkembang bersama partner baru lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement