Rabu 23 Mar 2022 14:34 WIB

DPR Disebut tak Mau Campuri Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK

DPR mengaku pernikahan itu tidak berkaitan dengan urusan parlemen.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ilham Tirta
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pernikahan antara adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman bukan ranah parlemen. Karenanya, ia tak mau berkomentar lebih jauh tentang rencana tersebut.

"Saya pikir soal itu sebenarnya soal pribadi yang tidak perlu dibahas. Kalau dilihat dari aturan, itu juga tidak ada yg melarang soal itu," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

DPR, kata dia, tidak akan mencampuri ranah tersebut. Padahal, pernikahan Idayati dengan Anwar Usman menimbulkan pertanyaan. Banyak masyarakat menilai pernikahan itu akan berdampak pada relasi keluarga Presiden Jokowi. Hal itu dikhawatirkan berimbas kepada independensi MK.

Rencananya, pernikahan bakal digelar pada Mei mendatang di Solo, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Idayati melalui pesan pendeknya, Senin (21/3/2022). Wanita yang akrab disapa Ida tersebut mengatakan untuk pernikahan akan diselenggarakan pada 26 Mei 2022.

Adapun lamaran sudah dilaksanakan pada bulan lalu. Terkait perkenalan awal dengan Anwar, ia mengungkapkan pertama kali dikenalkan oleh seorang kawan. "Bulan Oktober dikenalin teman," katanya.

Ia mengaku senang atas lamaran yang dilakukan oleh Anwar. "Senang saja," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement