Rabu 23 Mar 2022 13:32 WIB
...

Bukan Guardiola, Ini Pelatih dengan Gaji Tertinggi Sejagat

Tidak hanya pemain bintang, pelatih top ternyata juga memiliki gaji selangit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto: AP/Hassan Ammar
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sepak bola telah menjelma menjadi industri bernilai tinggi, terutama dari hal perputaran uang. Miliaran bahkan hingga triliunan rupiah digelontorkan sebuah klub untuk bisa meningkatkan kualitas tim utama.

Keputusan Paris Saint Germain (PSG) mendatangkan Neymar dari Barcelona pada 2017 dapat menjadi contoh teranyar soal gelontoran dana besar di industri sepak bola. Tebusan sebesar 222 juta euro (Rp 3,4 triliun) yang dikeluarkan PSG demi memboyong Neymar menjadi perekrutan pemain termahal di sepanjang sejarah.

Baca Juga

Tidak hanya soal biaya transfer, gaji pemain diketahui juga menjadi salah satu pos terbesar dalam pengeluaran sebuah klub. Namun, tidak hanya pemain, pelatih ternyata juga memiliki gaji selangit.

Berikut daftar pelatih dengan gaji termahal di seluruh dunia berdasarkan lansiran Marca, Rabu (23/3/2022)

1. Diego Simeone (3,3 juta euro per bulan)

Diego Simeone menjadi pelatih dengan gaji tertinggi sejagat. Pelatih asal Argentina itu mendapatkan gaji sebesar 3,3 juta euro (Rp 52 miliar) per bulan dari Atletico Madrid. Besaran gaji ini didapat Simeone dalam perpanjangan kontrak pada 2021 silam.

Pelatih berjuluk El Cholo itu dikontrak Los Rojiblancos hingga 2024 mendatang. Dari segi torehan prestasi, Simeone memang terbukti mampu membawa Los Rojiblancos bersaing di kancah domestik dan Eropa. Mulai menukangi El Atleti sejak 2011, Simeone secara perlahan mengantarkan Los Rojiblancos meraih kesuksesan, termasuk dua titel La Liga, satu trofi Copa del Rey, dan dua kali tampil di partai final Liga Champions.

2. Pep Guardiola (1,89 juta euro per bulan)

Pelatih asal Spanyol itu setiap bulan mengantongi gaji sebesar 1,89 juta euro (Rp 29 miliar) dari Manchester City. Saat ini, kontrak Guardiola bersama Man City akan berakhir pada 2023. Berbagai kabar soal perpanjangan kontrak eks pelatih Bayern Muenchen itu pun terus mengemuka.

photo
Pelatih Manchester City Pep Guardiola. - (AP/Alastair Grant)

 

 

Manajemen the Citizens kabarnya berniat untuk memperpanjang kontrak Guardiola. Namun, eks pelatih Barcelona itu belum memutuskan soal kelanjutan kiprahnya bersama the Citizens.

Guardiola bisa dibilang menjadi salah satu sosok penting dalam upaya Man City menjadi klub papan atas di Eropa. Dari empat musim terakhir, the Citizens mampu tiga kali menjuarai Liga Primer Inggris.

Pun dengan keberhasilan menyapu bersih gelar juara di kancah domestik pada musim 2018/2019. Satu-satunya yang belum dipersembahkan Guardiola adalah titel Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement