Rabu 23 Mar 2022 13:03 WIB

Reksa Dana Mirae Asset Sekuritas Ditarget Rp 1,5 Triliun

Target reksa dana Mirae Asset Sekuritas meningkat tiga kali lipat dari realisasi 2021

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (MASI) Arisandhi Indrowisatio, Direktur MASI  Daewoong An,  CEO MASI Tae Yong Shim  (dari kiri) saat melakukan pembaruan // (re-branding) platform investasi reksa dana NAVI di Jakarta, Selasa (22/3/2022).   MASI menargetkan pertumbuhan asset under administration (AUA) reksa dana menjadi total Rp 1,5 triliun pada akhir 2022. Angka itu berarti melonjak 200% atau naik tiga kali lipat dari posisi akhir 2021 yaitu senilai Rp 500 miliar.  Foto: Tahta Aidilla/Republika.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Direktur PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (MASI) Arisandhi Indrowisatio, Direktur MASI Daewoong An, CEO MASI Tae Yong Shim (dari kiri) saat melakukan pembaruan // (re-branding) platform investasi reksa dana NAVI di Jakarta, Selasa (22/3/2022).  MASI menargetkan pertumbuhan asset under administration (AUA) reksa dana menjadi total Rp 1,5 triliun pada akhir 2022. Angka itu berarti melonjak 200% atau naik tiga kali lipat dari posisi akhir 2021 yaitu senilai Rp 500 miliar.  Foto: Tahta Aidilla/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (MASI) optimistis pertumbuhan industri reksa dana domestik akan semakin besar. Hal ini seiring dengan semakin mudahnya berinvestasi menggunakan aplikasi.

CEO Mirae Asset Sekuritas, Tae Yong Shim, meyakini faktor inovasi teknologi yang diperkuat oleh pemulihan ekonomi pascapandemi bisa membuat nilai reksa dana yang diadministrasikan atau asset under administration (AUA) perusahaan meningkat. 

Dia menuturkan inovasi teknologi termutakhir yang dilakukan perusahaan adalah melakukan pembaruan platform investasi reksa dana NAVI by Mirae Asset Sekuritas Indonesia dari sebelumnya MaxFund. Dalam re-branding NAVI tersebut, ada tiga hal utama yang sudah dilakukan. 

"Pertama adalah lebih ramah terhadap gawai mobile, sehingga menyesuaikan tren aplikasi saat ini yang lebih banyak berkutat pada smartphone," ujar Tae Shim pada acara Rebranding NAVI by Mirae Asset Sekuritas Indonesia, (22/3).

 

Menurut Tae Shim, dua keunggulan NAVI lainnya yang juga menjadi kunci inovasi teknologi adalah rekening dana nasabah (RDN) yang terintegrasi dengan investasi saham, serta memiliki fitur auto-invest. 

NAVI adalah platform reksa dana unggulan yang dikembangkan oleh Mirae Asset Sekuritas yang mengadministrasikan dan memasarkan ratusan reksa dana yang dikelola oleh 33 manajer investasi ternama di Indonesia. NAVI akan menavigasi pengalaman investasi keuangan melalui sebuah platform canggih. 

Tidak terbatas sebagai platform jual-beli reksa dana, nasabah Mirae Asset Sekuritas dapat memanfaatkan NAVI dalam mengelola keuangannya. NAVI juga dirancang sebagai platform manajemen keuangan yang memungkinkan pengguna menentukan keputusan investasi terbaik dan membantu mencapai tujuan keuangan. 

Potensi pertumbuhan NAVI dan industri reksa dana domestik tersebut tercermin dari angka jumlah investor reksa dana Indonesia yang tumbuh 8,9 persen sejak awal tahun 2022 (year to date) hingga akhir Februari menjadi 7,44 juta investor. Tahun lalu, investor reksa dana meroket 115,41 persen menjadi 6,84 juta investor. 

Head of Fund Services Mirae Asset Sekuritas, Francisca Gerungan, mengatakan perusahaan menargetkan pertumbuhan asset under administration (AUA) reksa dana menjadi total Rp 1,5 triliun pada akhir 2022. Angka itu melonjak 200 persen atau naik tiga kali lipat dari posisi akhir 2021 yaitu senilai Rp 500 miliar. 

"Kami meyakini target tersebut akan tercapai pada akhir tahun ini terutama dengan dukungan pengembangan berkelanjutan yang kami lakukan yang diikuti peremajaan nama aplikasi kami menjadi NAVI," ujar Francisca. 

AUA adalah istilah untuk reksa dana yang dicatatkan oleh sebuah lembaga administrasi, seperti reksa dana yang dijual oleh agen penjual reksa dana (APERD), salah satunya adalah Mirae Asset Sekuritas. 

AUA tersebut sedikit berbeda dengan istilah nilai reksa dana yang dikelola atau asset under management (AUM) yang mengacu pada aktivitas pengelolaan investasi reksa dana oleh manajer investasi yang menerbitkan dan mengelola produk tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement