Rabu 23 Mar 2022 12:52 WIB

Mozilla Hapus Mesin Pencari Rusia Yandex dari Default Firefox, Kenapa?

Hasil pencarian Yandex diduga menampilkan prevalensi konten yang disponsori negara.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Firefox Quantum
Foto: Mashable
Firefox Quantum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Peramban web Mozilla telah memutuskan untuk menghapus semua penyedia mesin pencari Rusia dari browser Firefox-nya. Keputusan tersebut diambil setelah sejumlah klaim bahwa Yandex dan Mail.ru telah mendukung konten yang disponsori Rusia dalam hasil pencarian.

Kapan Mozilla menghapus mesin pencari Rusia?

Baca Juga

Setelah rilis Firefox 98.0.1, patch note mengungkapkan Yandex dan Mail.ru bukan lagi penyedia pencarian opsional di menu pencarian drop-down di Firefox. Tidak hanya tiga opsi yang menghilang dari menu pencarian, tetapi semua penyesuaian yang berasal dari mesin pencari juga dihapus, termasuk add-on dan bookmark.

Kenapa Mozilla menghapus mesin pencari Rusia?

Di tengah konflik Ukraina-Rusia, sumber media pemerintah Rusia telah diblokir di berbagai platform media sosial. Di saat yang sama, perusahaan teknologi besar juga menghapus aplikasi terkait dari toko aplikasi. Meskipun Mozilla tidak menyebutkan konflik sama sekali, sulit untuk tidak melihat hubungannya mengingat tindakan lain yang diambil terhadap perusahaan Rusia.

“Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami menangguhkan penggunaan Yandex Search di Firefox karena laporan kredibel dari hasil pencarian yang menampilkan prevalensi konten yang disponsori negara dan bertentangan dengan prinsip Mozilla,” kata perusahaan kepada BleepingComputer, dilansir MakeUseOf, Rabu (23/3/2022).

Apa yang akan terjadi sekarang?

Diketahui, Yandex adalah mesin pencari default di Rusia, Belarus, Kazakhstan, dan Turki. Namun, mulai sekarang dengan mesin telusur dihapus sebagai default, orang perlu mencari alternatif. Bukan berarti Yandex atau Mail.ru tidak lagi dapat diakses melalui Firefox hanya mereka tidak lagi menjadi opsi default.

Siapa pun yang ingin menggunakannya di Rusia atau negara lain mana pun, masih dapat mengetikkan alamat situs web dan menggunakannya untuk mencari konten. Pencarian mudah langsung di bilah alamat tidak tersedia untuk saat ini.

Perubahan ini tidak memengaruhi versi Firefox sebelumnya. Oleh karena itu, mereka yang tidak menjalankan pembaruan dapat menyimpan pengaturan default mereka sebagai Yandex jika diinginkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement