Rabu 23 Mar 2022 11:03 WIB

Kesepakatan Perdagangan Baru Cabut Tarif Baja Inggris

Kesepakatan itu akan melindungi perusahaan baja dan aluminium AS dan Inggris.

Produk baja menunggu dikirim di Gerdau Ameristeel, St Paul, Amerika Serikat.
Foto: AP Photo/Jim Mone
Produk baja menunggu dikirim di Gerdau Ameristeel, St Paul, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat dan Inggris mengakhiri perselisihan empat tahun atas tarif baja dan aluminium AS pada Selasa (22/3/2022). Kedua negara berjanji untuk bekerja sama melawan China dalam kesepakatan yang juga menghapus tarif pembalasan dari sepeda motor AS, wiski dan produk lainnya.

Dalam pernyataan bersama, Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan kesepakatan itu akan melindungi perusahaan baja dan aluminium - dan pekerja mereka - di kedua negara. Ini memungkinkan sekutu untuk fokus pada apa yang mereka katakan sebagai praktik perdagangan tidak adil China. Itu juga akan membantu mengurangi inflasi di Amerika Serikat, di mana harga-harga konsumen telah mencapai level tertinggi dalam 40 tahun, kata Raimondo.

Baca Juga

Berdasarkan kesepakatan itu, Inggris akan menerima kuota impor bebas bea lebih dari 500.000 ton baja negara itu setiap tahun. Kesepakatan juga menetapkan persyaratan peleburan dan pengecoran pada aluminium.

Perjanjian tersebut mengharuskan setiap perusahaan baja Inggris yang dimiliki oleh entitas China untuk mengaudit catatan keuangan mereka guna menilai pengaruh dari pemerintah Republik Rakyat China, dan kemudian membaginya dengan Amerika Serikat, kata pernyataan itu. Persyaratan awalnya akan berlaku untuk British Steel, yang diakuisisi oleh Jingye Group China, pada 2020.

Pengumuman kesepakatan tersebut disambut hangat oleh banyak eksekutif bisnis dan pemimpin buruh di kedua negara. Pakta tersebut, yang muncul setelah Raimondo bertemu dengan menteri perdagangan Inggris, Anne-Marie Trevelyan, juga akan mengakhiri tarif pembalasan Inggris atas barang-barang ikonik Amerika, termasuk sepeda motor Harley-Davidson, wiski bourbon, jeans biru Levi Strauss dan rokok. Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan serupa dengan Uni Eropa dan Jepang. 

Inggris adalah pemasok baja yang relatif kecil ke Amerika Serikat. Kuota 500.000 ton baja jadinya melebihi rata-rata pengiriman Inggris ke Amerika Serikat pada 2018 dan 2019 dan jauh lebih kecil dari kuota Uni Eropa sekitar 4 juta ton dan kuota Jepang 1,25 juta ton.

Trevelyan bertemu dengan Raimondo di Washington setelah dua hari pertemuan dengan Tai dan pejabat perdagangan AS lainnya tentang memperluas hubungan perdagangan AS-Inggris, dan memastikan mereka melindungi hak-hak pekerja, lingkungan, dan membahas ekonomi digital yang berubah.

Pemerintahan Trump memberlakukan tarif logam AS pada Maret 2018 di bawah undang-undang keamanan nasional Bagian 232 untuk melindungi produsen AS dari impor bersubsidi. Serikat Pekerja Baja AS mengatakan kesepakatan itu menandai langkah penting dalam mengatasi masalah sistemik seperti pembuangan ilegal dan kelebihan kapasitas global yang mengancam vitalitas dan masa depan industri baja dan aluminium.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement