Rabu 23 Mar 2022 09:35 WIB

Pahami Memilih Jurusan dan Prospek Karier Lulusan Perguruan Tinggi

Jangan sampai salah pilih jurusan saat akan memasuki dunia perkuliahan

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI dirancang untuk mempersiapkan para alumninya agar sukses berkarier di berbagai bidang.
Foto: UBSI
Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI dirancang untuk mempersiapkan para alumninya agar sukses berkarier di berbagai bidang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jangan sampai salah pilih jurusan saat akan memasuki dunia perkuliahan. Jika itu terjadi, tentu akan menyesal di kemudian hari. Agar dapat memilih jurusan yang tepat yang sesuai dengan prospek pengembangan karier maka harus didasari dengan informasi yang lengkap, valid, dan akurat.

Ada banyak pilihan program studi (prodi) yang ditawarkan oleh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Harus hati-hati dalam memilih program studi, karena ini akan menentukan proses dan perjalanan karier seseorang.

Baca Juga

Pertimbangkan secara matang agar tidak terpengaruh terhadap pengembangan karier ke depan yang penuh dengan tantangan dan tingkat kompetisi yang ketat. Apa saja yang harus dipertimbangkan agar tidak salah memilih program studi? Paling tidak ada beberapa hal di antaranya :

1. Pilih jurusan sesuai passion

Pilihan jurusan sebaiknya didasari atas minat dan passion sendiri. Hal ini akan membuat kamu punya semangat untuk menjalani selama proses belajar di kampus. Bahkan konon katanya, kesuksesan diawali dari pilihan jurusan yang sesuai dengan keinginan.

2. Pilih jurusan yang punya prospek baik

Jurusan yang memiliki prospek yang baik di masa depan bisa jadi jaminan. Rajin-rajinlah update seputar tren global. Perhatikan bagaimana teknologi berkembang, profesi baru apa yang muncul, dan lain sebagainya.

3. Lihat rekam jejak alumninya

Melihat secara nyata kiprah alumni dapat memberimu gambaran serta inspirasi seperti apa masa depan lulusan jurusan tertentu. Hidup orang memang tak sama, nggak bisa dicopy paste juga. Namun setidaknya kamu punya tujuan ke mana kira-kira setelah lulus kuliah nantinya.

4. Cek akreditasinya

Jangan lupa untuk cek akreditasi jurusannya pada laman BAN-PT. Selain menunjukkan kualitas perkuliahan hingga lulusannya, akreditasi yang baik diperlukan saat kamu mencari kerja nantinya dan ini berlaku pada akreditasi kampusnya pula.

Salah satu alternatif pilihan jurusan yang ditawarkan adalah Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kampusnya berbasis teknologi dan tersebar di mana-mana sehingga memudahkan para pelajar untuk bergabung di Universitas BSI.

Selain itu, jumlah mahasiswa dan alumninya cukup banyak, serta sudah berkarier di berbagai bidang. Akreditasinya, baik institusi maupun program studi, tidak diragukan lagi. Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI memiliki jaringan kerja sama yang cukup luas, baik dengan institusi pemerintahan maupun dunia usaha swasta, yang akan sangat menguntungkan para alumninya.

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI dirancang untuk mempersiapkan para alumninya agar sukses berkarier di berbagai bidang. Jurusan ini mempelajari berbagai bidang ilmu secara bersamaan yakni Sistem Informasi, Akuntansi, Manajemen, dan Kewirausahaan.

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Adi Supriyatna menjelaskan bidang-bidang ilmu tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Jurusan ini mempelajari dasar akuntansi dan mengombinasikannya dengan bahasa pemrograman.

“Lulusan prodi ini dirancang menjadi analis system yang mampu menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi. Prospek karier lulusan ini juga luas. Seperti bisa jadi accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, wirausaha, dan lain-lain,” ungkap Adi.

Ia mengatakan prospek ini akan menjadi alternatif pilihan pintar dan bijak dalam menentukan pilihan program studi. Karena akan memberikan harapan besar dalam menentukan serta meniti karier sukses di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement