Selasa 22 Mar 2022 20:55 WIB

RSUD ASA akan Dijadikan Tempat Isoter Covid-19

RSUD ASA sebagai tempat Isoter akan resmi mulai 1 April 2022 mendatang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Rumah sakit tempat isolasi terpadu Covid 19 (ilustrasi)
Foto: Republika
Rumah sakit tempat isolasi terpadu Covid 19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat (ASA) yang telah selesai dibangun di Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Sebelum sepenuhnya operasional sebagai rumah sakit umum wilayah Timur, untuk sementara rumah sakit tersebut menjadi tempat Isolasi Terpadu (Isoter) bagi pasien Covid-19.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menjadikan RSUD ASA sebagai tempat Isoter mulai 1 April 2022 mendatang. Berdasarkan hasil pantauannya, saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen.

Baca Juga

"Insya Allah dalam satu pekan ini akan selesai persiapannya dan bisa menerima, jika memang ada pasien atau pelimpahan dari Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Indonesia (UI)," ujar Idris  usai berkunjung ke RSUD ASA, Selasa (22/3/2022).

Menurut Idris, kerja sama Pemkot Depok dengan PSJ UI berakhir bulan ini. Oleh sebab itu, pihaknya langsung menyiapkan Isoter pengganti untuk pasien Covid-19, dengan total 92 tempat tidur (bed) yang disediakan. "Ruangan yang digunakan hanya di lantai empat dan lima. Gedung RSUD ASA dua kali lebih besar dari Gedung PSJ UI," terangnya. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati menambahkan, RSUD ASA belum dapat membuka pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum karena masih mengurus Izin Operasional. Isoter di RSUD ASA hanya diperuntukan bagi pasien Covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala.

"Rencananya kami akan menyiapkan 20 tenaga kesehatan yang bertugas memantau kondisi kesehatan pasien bergejala ringan," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement