Selasa 22 Mar 2022 21:25 WIB

Biden Sebut Rusia Bersiap Lakukan Serangan Siber pada Infrastruktur AS

Biden mengatakan Kremlin secara aktif merencanakan serangan siber yang potensial

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Rusia sedang melakukan persiapan untuk melakukan serangan siber terhadap infrastruktur penting Amerika Serikat (AS) sebagai pembalasan atas sanksi Barat dan sekutu, kata Presiden AS Joe Biden pada Senin (22/3/2022).

Biden mengatakan ada informasi intelijen yang menunjukkan bahwa Kremlin secara aktif merencanakan serangan yang potensial, dan dia juga mendesak perusahaan-perusahaan AS – banyak di antaranya yang memiliki dan mengoperasikan infrastruktur AS – untuk tetap waspada.

"Anda memiliki kekuatan, kapasitas, dan tanggung jawab untuk memperkuat keamanan siber dan ketahanan layanan dan teknologi penting yang diandalkan orang Amerika," kata Biden kepada sektor swasta.

"Kami membutuhkan semua orang untuk melakukan bagian mereka untuk menghadapi salah satu ancaman yang menentukan waktu kita - kewaspadaan dan urgensi Anda hari ini dapat mencegah atau mengurangi serangan besok," tambah dia.

Anne Neuberger, wakil penasihat keamanan nasional Biden untuk siber dan teknologi baru, mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa pemerintah telah mendeteksi "aktivitas persiapan" untuk serangan siber yang telah dibagikan dalam konteks rahasia dengan perusahaan swasta.

Persiapan itu termasuk upaya untuk mengamati situs web dan mencari kerentanannya, imbuh dia.

Perang Rusia melawan Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari, telah dikecam keras oleh komunitas internasional, dan telah ditanggapi dengan sanksi dan kontrol ekspor Barat dan sekutu. Kejatuhan ekonomi telah diperburuk oleh penarikan perusahaan global dari Rusia.

Setidaknya 925 warga sipil tewas selama perang, dan 1.496 terluka, menurut laporan PBB. Namun, badan internasional itu memperingatkan bahwa jumlah korban sebenarnya "jauh lebih tinggi."

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-sebut-rusia-bersiap-lakukan-serangan-siber-pada-infrastruktur-as/2542014
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement