Rabu 23 Mar 2022 04:36 WIB

Catat, Ini Camilan yang Meningkatkan Peradangan Tubuh 

Makanan yang digoreng, karbohidrat olahan, dan daging olahan memicu peradangan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Popcorn. Makanan yang digoreng, karbohidrat olahan, dan daging olahan memicu peradangan. Salah satunya adalah popcorn.
Foto: pixabay
Popcorn. Makanan yang digoreng, karbohidrat olahan, dan daging olahan memicu peradangan. Salah satunya adalah popcorn.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila Anda ingin mengunyah dan tidak mau merusak tujuan kebugaran, Anda harus memilih camilan yang sehat. Menurut Harvard Medical School, gandum utuh, varietas kacang-kacangan, dan irisan apel dengan selai kacang bisa menjadi pilihan yang dapat mengurangi rasa lapar sambil memastikan Anda tetap sehat.  

Dilansir dari Eat This pada Jumat (18/3/2022), meskipun pilihan ini terbukti bermanfaat dalam jangka panjang, terkadang kita sering makan camilan yang tanpa disadari dapat meningkatkan jumlah peradangan di tubuh.

Baca Juga

Makanan yang digoreng, karbohidrat olahan, alkohol, dan daging olahan dapat memicu peradangan yang tidak perlu. Berikut  cemilan yang meningkatkan peradangan di dalam tubuh yaitu :

Granola Bar

Granola bar umumnya menyajikan penampilan yang sehat tetapi jangan tertipu oleh pemasarannya. Makan terlalu banyak granola bar dapat memicu peradangan. Semua tergantung pada bahannya.

Granola dan granola batangan yang tinggi gula tambahan dari sumber seperti sirup jagung, keping cokelat, dan gula tebu dapat menyebabkan peradangan. Selain gula, minyak olahan seperti kedelai dan minyak canola biasa ditemukan di granola dan granola batangan dan dapat berkontribusi pada peradangan.

Yogurt Beku

Banyak dari produk yogurt beku mengandung gula rafinasi, dan umumnya mengandung komponen yang dapat menyebabkan rasa sakit yang serius. Sebaliknya, cari yogurt beku polos yang mengandung probiotik untuk membantu mengurangi peradangan. Jika Anda menderita alergi atau intoleransi susu, cobalah yogurt beku tanpa susu yang menggunakan santan.

Keripik Kentang

Keripik seperti keripik kentang bersifat inflamasi karena diproses dengan sangat baik sehingga meningkatkan respons insulin dengan sangat cepat yang dapat menyebabkan inflamasi. 

Camilan Protein di Supermarket

Anda perlu waspada dengan camilan protein. Banyak protein bar dan sarat dengan gula tambahan yang memicu peradangan.

Popcorn 

Popcorn adalah camilan yang mungkin dianggap sehat oleh banyak orang karena merupakan sumber serat yang baik. Namun, beberapa popcorn kemasan microwave sering mengandung lemak terhidrogenasi dan aditif misalnya  digunakan dalam kemasan yang dapat memicu peradangan.

Pilihan yang lebih sehat adalah dengan memasukkan biji popcorn biasa ke dalam mesin pembuat popcorn. Tidak perlu minyak untuk meletuskan popcorn. Anda bisa menambahkan minyak zaitun yang sehat setelahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement