Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Rumah Zakat Sinergi dengan Unisba

Selasa 22 Mar 2022 14:28 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

 Magister Ekonomi Syariah Unisba mengadakan program pengabdian kepada masyarakat terkait literasi keuangan dan koperasi syariah di salah satu desa berdaya Rumah Zakat, yakni desa Mekarwangi, Lembang, Bandung.

Magister Ekonomi Syariah Unisba mengadakan program pengabdian kepada masyarakat terkait literasi keuangan dan koperasi syariah di salah satu desa berdaya Rumah Zakat, yakni desa Mekarwangi, Lembang, Bandung.

Foto: Unisba
Program pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Berdaya Mekarwangi Rumah Zakat

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Magister Ekonomi Syariah Unisba mengadakan program pengabdian kepada masyarakat terkait literasi keuangan dan koperasi syariah di salah satu desa berdaya Rumah Zakat. Yaitu di desa Mekarwangi, Lembang, Bandung. 

 Magister Ekonomi Syariah UNISBA (Universitas Islam Bandung) mengadakan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa pemberian literasi terkait keuangan dan koperasi syariah, pada Ahad(20/03/2022) silam. Kegiatan ini ditujukan kepada perangkat desa dan anggota kelompok tani desa berdaya mekarwangi Rumah Zakat. Kegiatan ini melibatkan 11 mahasiswa Magister Ekonomi Syariah Angkatan 2021 beserta Dosen. Neneng Nurhanasah, Nandang Ihwanudin, dan Udin Saripudin merupakan dosen sekaligus pemateri yang terlibat dalam kegiatan ini. Agus Prakarsa sebagai wakil dari mahasiswa pun turut menjadi pemateri. 

“Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan literasi atau dengan kata lain pengetahuan awal terkait keuangan dan koperasi syariah. Misalnya seperti akad-akad apa saja yang digunakan oleh koperasi syariah, dan produk apa saja yang dimiliki oleh koperasi syariah. Selain itu, kami pun ingin menegaskan bahwa koperasi syariah harus memiliki fungsi sosial yang meliputi kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah,” jelas Andi Fika dalam rilis yang diterima, Selasa (22/3/2022).

Koperasi syariah ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan para anggotanya, khususnya kelompok tani desa berdaya mekarwangi dan masyarakat lainnya berdasarkan penerapan dari nilai-nilai yang diajarkan Islam.

“Pemberian literasi ini diharapkan dapat langsung diimplementasikan oleh masyarakat desa mekarwangi. Beberapa hal yang kami harapkan ialah koperasi syariah ini dapat menjadi wadah atau mediator antara penyandang dana dengan pengguna dana sehingga pemanfaatan harta menjadi lebih optimal, membantu mengembangkan usaha produktif masyarakat melalui produk-produk yang dimiliki koperasi syariah nantinya, dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat desa mekarwangi agar lebih amanah, dan profesional terutama dalam menjalan prinsip keuangan dan koperasi Islam,” jelasnya. 

Wakil aparat desa berdaya mekarwangi, Saepudin mengungkapkan, “kami berhadap program ini dapat mendampingi kami seterusnya, kami merasa bahwa kami memerlukan arahan berkelanjutan demi keberlangsungan ekonomi masyarakat,” jelasnya. Magister Ekonomi Syariah UNISBA memberikan bahan pendamping kepada masyarakat seperti buku sebagai bahan literasi masyarakat, buku tersebut bertemakan keuangan syariah, legalitas usaha, dan koperasi syariah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA