Selasa 22 Mar 2022 09:11 WIB

Perluas Cakupan Vaksin Booster, Enesis Group Buka Sentra Vaksinasi

Ini merupakan program lanjutan yang sudah dilakukan sejak 2020.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Tenaga kesehatan mengisi tabung suntikan sebelum menyuntikan vaksin booster atau vaksin penguat saat gelaran vaksin Covid-19 serentak.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tenaga kesehatan mengisi tabung suntikan sebelum menyuntikan vaksin booster atau vaksin penguat saat gelaran vaksin Covid-19 serentak.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Dalam upaya mendukung pemerintah dalam memperbanyak cakupan vaksinasi booster (penguat) Covid-19 di tengah masyarakat, Enesis Group kembali menggelar sentra vaksinasi guna mendekatkan akses vaksinasi kepada masyarakat hingga akhir Maret 2022 ini.

Kegiatan vaksinasi ini kembali dilaksanakan sebagai bentuk perhatian terhadap kesehatan masyarakat, selain dukungan kepada pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Ini merupakan program lanjutan yang sudah dilakukan sejak 2020,” ungkap Public Relations Officer Enesis Group, Grisella Du’a Duda da Lopez, di Semarang.

Ia menjelaskan, inisisasi pembukaan sentra vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebelumnya dilakukan pada 2020 lalu, pada saat itu akses vaksin Covid-19 masih diprioritaskan untuk kalangan tenaga kesehatan (nakes).

Dalam pelaksanaannya, Enesis Group juga menggandeng pemerintah. Dengan adanya sentra vaksinasi yang bekerja sama dengan pemerintah, diharapkan mampu mendorong percepatan serta cakupan vaksinasi yang semakin luas.

Untuk vaksinasi dosis pertama telah dilaksanakan pada 21 Juni sampai 8 Juli 2021, untuk vaksinasi dosis kedua pada 21 Juli sampai 9 Agustus 2021. “Total ada 30 ribu orang lebih yang mendapatkan vaksinasi melalui program kami,” jelasnya.

Selain membuat sentra vaksinasi, lanjut Grisella, juga dilakukan pembagian healthy kit kepada pengguna moda trasnportasi umum darat pada 2021.

Pembagian healthy kit ini diharapkan menjadi one stop solution masyarakat di tengah pandemi virus corona. Karena di dalamnya terdiri dari produk enesis seperti hand sanitizer, vitamin amunizer, dan minyak aroma theraphy.

Selain itu juga menggelar safe travel campaign, yang dibagikan ke Commuter Indonesia, Angkasapura, dan Trans Jakarta. Bahkan Kementerian Perhubungan yang memberikan kesempatan kepada Enesis untuk memperluas jangkauan kampanye kesehatan.

“Kami kemudian diberikan titik titik untuk membagikan healthy kit itu, seperti di Pelabuhan Merak, Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Stasiun Senen, Gambir, Banyuwangi, dan rest area di Karawang,” ungkapnya.

Program pembagian healthy kit juga terus berlanjut hingga masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021 menyusul pembatalan PPKM Level 3 dan penyesuaian peraturan dalam melakukan perjalanan pun dilakukan demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Upaya bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat ini diharapkan dapat melindungi masyarakat dalam perjalanan mereka sehingga aman dan sehat,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement