Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Godaan Terbesar Generasi Muda Saat Ini dan Bagaimana Solusi Islam?

Senin 21 Mar 2022 21:02 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi sholat wasilah menjaga kesucian. Tantangan terbesar generasi muda saat ini adalah menjaga kesucian

Ilustrasi sholat wasilah menjaga kesucian. Tantangan terbesar generasi muda saat ini adalah menjaga kesucian

Foto: Republika/Thoudy Badai
Tantangan terbesar generasi muda saat ini adalah menjaga kesucian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu godaan terbesar yang dihadapi seorang pria dan wanita muda pada era seperti sekarang ini, adalah tantangan untuk menjaga kesucian. Kaum milenial kini dihadapkan dengan hubungan terlarang, pornografi, zina, dan lain-lain.

Dalam tulisannya di laman aboutislam, Raiiq Ridwan menjelaskan, semua orang akan sepakat bahwa semua tren itu akan menjadi masalah di lingkungan masyarakat. Karena itu, menurut dia, salah cara yang bisa dilakukan kaum milenial untuk menjaga kesuciannya adalah dengan menyempurnakan sholat.

Baca Juga

“Sayangnya, tidak banyak yang dilakukan untuk melawan tren tersebut. Salah satu jalan untuk memulai perjuangan itu adalah dengan menyempurnakan sholat,” ujar Ridwan. Dia pun mengutip ayat dalam Alquran, di mana Allah SWT berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ Artinya: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan kecji dan mungkar”. (QS Surat Al Ankabut [29]: 45).

Dia menjelaskan, jika sholat itu dilakukan dengan Ihsan, maka setiap sholat itu akan mengingatkan orang-orang beriman kepada Allah SWT. 

Ketika orang itu mengatakan "Allahu akbar", maka dia mengingatkan dirinya sendiri bahwa Allah SWT lebih besar dari semua dorongan dan keinginannya. Ketika dia membaca “Alhamdulillah”, dia memuji dan berterima kasih kepada Allah SWT.

“Jika seseorang terus menerus jatuh ke dalam dosa dan hampir putus asa, maka bacaan “Ar-Rahman Ar-Rahim” akan memberinya harapan dan mendorongnya untuk meninggalkan semua kebiasaan buruk yang mungkin dia lakukan.

Selain itu, tambah Ridwan, seseorang yang menjaga sholatnya juga akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan Allah SWT, dan itu akan membantunya dalam mengatasi dosa-dosanya. “Dan ketika dia melakukan dosa, seperti yang dilakukan semua manusia, dia tahu jalan yang benar untuk kembali,” jelas Ridwan.      

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA