Senin 21 Mar 2022 20:11 WIB

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Komandan Komando AS untuk Indo-Pasifik

Salah satu isu yang dibahas yakni terkait tantangan Laut China Selatan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik (US Indo-Pacific Command/USINDOPACOM) Laksamana John C. Aquilino beserta delegasi di Kemhan, Jakarta, Senin (21/3/2022). Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal, di antaranya modernisasi pertahanan yang termasuk pelatihan dan pendidikan hasil kerja sama Departemen Pertahanan AS dengan Kemhan RI, isu dan tantangan di Laut China Selatan (LCS).

Selain itu, strategi AS di kawasan Indo-Pasifik pada tahun 2022 dan perkembangan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Menhan Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh USINDOPACOM, baik dalam bidang pertahanan maupun bantuan kemanusiaan, pada bencana gempa bumi di Aceh, Padang, dan pencarian KRI Nanggala-402.

Baca Juga

Indonesia dan AS, kata Prabowo, telah menjalin kerja sama pertahanan sejak 1950. Pada Oktober 2020, kedua pihak telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan dan pelatihan untuk taruna atau kadet TNI di berbagai lembaga pendidikan militer di AS.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS mencakup dialog dan konsultasi bilateral tentang isu-isu keamanan bersama, peningkatan sumber daya manusia, pengembangan kapasitas keamanan maritim, kerja sama logistik dan persediaan militer.

Selain itu kerja sama maritim, pengadaan pertahanan serta penelitian dan pengembangan bersama, termasuk profesionalisme personel, kerja sama operasi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian. Selanjutnya, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta penanganan ancaman transnasional.

Saat menerima Komandan USINDOPACOM ini Menhan Prabowo didampingi oleh Wamenhan RI Letjen TNI M.Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Asisten Khusus Menhan I Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus Menhan IV Laksdya TNI (Purn.) Didit Herdiawan, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason, dan Kabainstrahan Kemhan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo.

Sedangkan Laksamana John C. Aquilino didampingi oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim, Foreign Policy Advisor Jennifer C. Galt, Atase Pertahanan AS untuk Indonesia Col. Leo Liebreich, Commanders Action Group Dr.Richard Berry, dan Executive Assistant Capt. (N) Gregory D.Newkirk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement