Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rahayu pawitri

Kenalan Nasi Balapan Puyung di MotoGP Mandalika

Kuliner | Sunday, 20 Mar 2022, 15:01 WIB
Nasi Balapan Puyung, menu khas dari Lombok yang menjadi favorit banyak orang (Sumber gambar: republika.co.id)

Riuh pemberitaan di ajang MotoGP. membuat orang mulai mengenal Mandalika, sebuah kawasan wisata dengan pemandangan yang eksotis, dan makanan enak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dan ada satu hal yang biasanya berkaitan erat dengan tempat wisata, yaitu kuliner.

Begitu juga dengan ajang perhelatan MotoGP ini, kita pun akhirnya tahu tentang makanan khas saudara kita di Nusa Tenggara Barat, seperti ayam taliwang, sayur ares, dan sate bulayak.

Oya, ada satu lagi menu khas NTB yang bikin saya penasaran, namanya nasi puyung.

Banyak teman yang pernah berkunjung ke Lombok merekomendasikan nasi ini.

Dalam bayangan saya, nasi puyung adalah nasi dengan telur puyuh (ya, namanya kan mirip, he he). Tapi ternyata saya salah.

Nasi yang merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Nusa Tenggara Barat ini ternyata terdiri dari nasi yang dilengkapi dengan ayam suwir bumbu pedas, kedelai goreng ,keripik kentang, dan dilengkapi dengan kacang panjang juga telur. Nasi ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan banyak disantap saat pagi hari atau sebagai menu sarapan.

Di masyarakat NTB sendiri, nasi puyung lebih dikenal dengan nama nasi balap puyung.

Nama ini bukan karena di daerah lombok sana sedang ada event motoGP, tapi karena pembuat pertama nasi ini punya seorang cucu yang berprofesi sebagai pembalap lokal. Dan setiap menang balapan, ia akan mentraktir kawan-kawannya dengan nasi buatan neneknya.

Pada awalnya nasi balap puyung bernama nasi kaput Inaq Esun. Ini karena yang pertama kali menjualnya adalah seorang ibu bernama Inaq Esun. Karena rasanya yang lezat, nasi yang dibungkus dengan begitu segitiga ini mulai menjadi favorit para pedagang, sopir, hingga anak-anak.

Menikmati MotoGP dan Nasi Balapan Puyung bareng IndiHome

Perhelatan besar MotoGP Mandalika ini memang mendapat banyak dukungan dari masyarakat, salah satunya adalah IndiHome.

Sebagai salah satu penyedia layanan WiFi Cepat, IndiHome mendukung perhelatan MotoGP dengan mentraktir para pelanggan setianya melalui poin diskon yang bisa ditukarkan di beberapa tempat sekitar penyelenggaraan MotoGP dan kota besar lainnya.

Salah satunya, ya, tentu saja, RM Cahaya Balap Puyung yang terletak di Penunjak, West Praya, Lombok Tengah. Teman Retizen yang baru saja mendarat di Lombok, wajib untuk mampir di kuliner ini.

Selain menikmati hidangan khas nasi balap puyung, pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas lain seperti sate lilit, kuah balung, dan lainnya.

Sebagai pelanggan IndiHome Internet Stabil, teman Retizen cukup melakukan scanning kode dari aplikasi my IndiHome saat melakukan pembayaran.

Jangan lupa juga kunjungi booth IndiHome yang ada di Sirkuit Internasional Mandalika, ya, karena di boot ini teman Retizen bisa menukarkan poin reward dengan aneka merchandise Mandalika.

Penukaran poin IndiHome lainnya juga dapat dilakukan di Black Box, Kuta Paradise, Sasaku Lombok Merchandise, dan lainnya.

Pemberian reward berupa poin hanya diberikan kepada para High Value Customer pada kategori platinum, atau pelanggan yang berlangganan di bawah 3 tahun. Kalau teman Retizen ingin menjadi High Value Customer, teman-teman cukup meningkatkan saja transaksi atau melakukan pembelian add-on seperti upgrade speed, minipack channel TV, atau set-top-Box.

So, jangan sampai ketinggalan ya, segera cek aplikasi myIndiHome kamu, dan tukarkan poin reward-nya (Btw, masih ada banyak banget reward lain di aplikasi, cepetan cek daripada hangus, ya).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image