Senin 21 Mar 2022 14:14 WIB

Menkominfo Apresiasi Kolaborasi Operator Telekomunikasi di MotoGP

Hal ini berkat dukungan tiga operator yang saling berkolaborasi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Menkominfo Johnny G Plate. Johnny mengapresiasi kolaborasi operator telekomunikasi dalam ajang MotoGP Mandalika.
Foto: Kemenkominfo
Menkominfo Johnny G Plate. Johnny mengapresiasi kolaborasi operator telekomunikasi dalam ajang MotoGP Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengapresiasi kolaborasi dan dukungan operator telekomunikasi dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Kolaborasi ini membuat infrastruktur digital selama gelaran ajang balapan tersebut lebih siap.

"Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi baik dari mereka untuk mendukung MotoGP. Jaringan tulang punggung telekomunikasi jauh lebih siap dibanding dengan event sebelumnya," ujar Johnny dikutip dari siaran persnya, Senin (21/3/202).

Baca Juga

Johnny menjelaskan, cakupan jaringan telekomunikasi 4G dan 5G di sekitar Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika memiliki kecepatan upload sampai dengan 100 Mbps dan download antara 25 sampai 35 Mbps untuk jaringan 4G.  Hal ini berkat dukungan tiga operator yang saling berkolaborasi yaitu Telkom grup, XL Axiata dan Indosat.

"MotoGP didukung dengan coverage 4G dan 5G. (Jaringan) 5G juga sangat cepat, upload sampai dengan 788 Mbps dan download 127 Mbps. Ini hasil dari speedtest setiap hari yang dilakukan," kata Johnny.

Selain itu, dalam mendukung kebutuhan akses jaringan telekomunikasi di ajang balapan itu, Kementerian Kominfo juga menyediakan spektrum frekuensi radio khusus sebagai  tambahan baik untuk 3,5 GHz maupun yang 26 GHz untuk 5G.

Menurut dia, operator telekomunikasi juga meminjamkan spektrum frekuensi radio 2,3 GHz khusus untuk mendukung layanan 5G di area Mandalika.

"Sisi kesiapan infrastruktur TIK saya melihat kontribusi dan kerja sama yang kuat dari operator seluler maupun operator jaringan hasilnya cukup baik dari speed test tersebut," kata Johnny.

Karena itu, ia berharap kesuksesan dukungan infrastruktur digital di MotoGP ini juga berlangsung dalam mendukung sektor pariwisata serta kebutuhan transformasi digital nasional. Hal ini karena sudah berpengalaman menggelar event besar MotoGP.

"Maka tidak saja tentang MotoGP-nya atau kepariwisataannya tetapi ini juga terkait industri telekomunikasi dan digital nasional kita. Sehingga memang koordinasi dan kerja sama yang dibangun selama ini," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement