Senin 21 Mar 2022 15:35 WIB

Pesawat NASA Ambil Foto Menakjubkan 2 Bulan Jupiter dari Dekat

Pesawat Juno mengambil foto Io dan Uropa dalam flyby ke-39 pada 12 Januari 2022.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto bulan Jupiter, Io (kiri) dan Europa (kanan) yang diambil dengan pesawat Juno.
Foto: nasa
Foto bulan Jupiter, Io (kiri) dan Europa (kanan) yang diambil dengan pesawat Juno.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika (NASA) Juno mengambil kembali foto-foto baru yang menakjubkan dari bulan Jupiter, Io, dan Europa. Pemandangan terbaru Juno dari dua bulan diambil selama penerbangan dekat Jupiter ke-39 pesawat ruang angkasa pada 12 Januari.

Dilansir dari Space, Senin (21/3), pada saat itu, pesawat ruang angkasa berada sekitar 61 ribu kilometer di atas puncak awan Jupiter, pada garis lintang sekitar 52 derajat selatan.

Baca Juga

Foto baru, yang dibagikan NASA pada 16 Maret, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari belahan selatan Jupiter, dengan dua dari banyak bulannya di sebelah kanan frame. Tampilan yang diperbesar yang juga dibagikan agensi membuat bulan terlihat jelas, dengan Io di kiri dan Europa di kanan.

Bulan Jupiter Io adalah benda paling vulkanik di tata surya. Ratusan gunung berapi menghiasi permukaannya, beberapa di antaranya memuntahkan gumpalan belerang setinggi ratusan mil. Sebaliknya, Europa, yang terkecil dari empat bulan raksasa Galilea Jupiter, memiliki permukaan es, di bawahnya terdapat lautan air cair global, para ilmuwan percaya.

Pengamatan sebelumnya telah menemukan bukti kemungkinan gumpalan air menyembur di wilayah kutub selatan Europa, menunjukkan bahwa ada air di lautan bawah permukaan bulan yang pecah melalui retakan di kerak es.

Pesawat ruang angkasa Juno diharapkan membuat penerbangan terdekat dari Europa akhir tahun ini, pada bulan September. Selama terbang lintas ini, probe akan menggunakan beberapa instrumen ilmiahnya untuk mempelajari Europa secara lebih rinci dan menangkap pemandangan bulan misterius yang lebih menakjubkan.

Misi Juno juga akan melakukan pendekatan dekat ke Io pada akhir 2023 dan awal 2024, menurut pernyataan NASA. Misi tersebut diperkirakan akan berakhir pada September 2025.

Dua pesawat ruang angkasa utama akan segera mengikuti jejak Juno yang dirancang untuk fokus secara eksklusif pada pemahaman bulan-bulan raksasa: misi Europa Clipper NASA dan Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) Badan Antariksa Eropa.

Foto Jupiter baru diproses oleh ilmuwan warna Andrea Luck, menggunakan data mentah dari instrumen JunoCam. Gambar mentah JunoCam tersedia online untuk umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement