Senin 21 Mar 2022 13:39 WIB

Enam Kali Berjuang Lawan Kanker Kulit, Hugh Jackman Ingatkan Pakai Sunscreen

Hugh Jackman merupakan penyintas kanker kulit karsinomasel basal.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Hugh Jackman merupakan penyintas kanker kulit karsinomasel basal.
Foto: EPA
Hugh Jackman merupakan penyintas kanker kulit karsinomasel basal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Hollywood, Hugh Jackman telah menjadi seorang penyintas kanker bernama karsinoma sel basal, atau suatu bentuk kanker kulit. Bintang X-Men itu pertama kali didiagnosis menderita kanker kulit pada 2013.

Kabarnya dia telah berjuang melawan penyakit itu enam kali hingga saat ini. Jackman pernah berterimakasih kepada dokter, keluarga, teman, dan penggemarnya atas perhatian dan dukungan selama ini. 

Baca Juga

"Karsinoma sel basal. Berkat pemeriksaan yang sering dan dokter yang luar biasa, semuanya baik-baik saja," cicit aktor itu di Twitter pada tahun 2017, dilansir dari laman BestLife, Senin (21/3/2022).

Dengan pengikut media sosial lebih dari 30 juta, sampai sekarang aktor Les Miserables, telah vokal dalam menganjurkan orang untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap kanker kulit. Secara khusus, dia mengatakan percaya memakai tabir surya sebagai salah satu bentuk pencegahan.

“Saya hanya ingin memberi tahu Anda, saya baru saja pergi untuk melihat dokter kulit dan dokter saya yang luar biasa, dan mereka melihat sesuatu yang sedikit tidak teratur," kata bintang Wolverine itu saat mengenakan perban di hidungnya pada 2021.

Pada 2016, ia berbagi pesan serupa kepada para penggemarnya setelah biopsi terpisah. Sekali lagi Jackman menekankan pentingnya tabir surya.

“Contoh apa yang terjadi jika Anda tidak memakai tabir surya. Sel Basal. Bentuk kanker yang paling ringan tapi serius. TOLONG GUNAKAN SUNSCREEN dan lakukan pemeriksaan rutin," tulisnya saat itu.

Karsinoma sel basal jarang menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lain, dan dianggap sangat dapat diobati. Namun, para ahli Johns Hopkins memperingatkan bahwa itu juga bisa menjadi "agresif lokal”, artinya begitu mengembangkan satu lesi kulit, kemungkinan akan berkembang lebih banyak lagi di sekitar area tubuh yang sama.

"Karsinoma sel basal bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng," tulis Deborah S Sarnoff MD, presiden The Skin Cancer Foundation.

Begitu didiagnosis dengan BCC, kemungkinan besar itu akan berkembang lebih banyak selama bertahun-tahun, yang mengarah ke perawatan berkelanjutan dan bahkan mungkin cacat. Karena karsinoma sel basal sering merupakan hasil dari paparan sinar matahari yang intens, itu sering terjadi pada bagian tubuh yang sangat terlihat. 

Kemungkinan besar orang mengembangkan BCC di wajah, telinga, hidung, leher, bahu, atau punggung. Menerapkan tabir surya SPF tinggi dalam jumlah besar secara teratur setidaknya 15 hingga 30 menit sebelum pergi ke luar dapat sangat mengurangi peluang terkena kanker kulit dari waktu ke waktu. Aplikasikan ulang setiap dua jam saat berada di bawah sinar matahari, dan berhati-hatilah di pantai, di mana air dan pasir dapat memantulkan sinar matahari secara intens, demikian peringatan American Society of Clinical Oncology (ASCO).

Selain memakai tabir surya, ada beberapa cara lain untuk membantu mencegah kanker kulit. ASCO merekomendasikan untuk membatasi waktu di bawah sinar matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, dan menutupinya dengan pakaian pelindung jika memungkinkan. Ini termasuk pakaian dengan cakupan tinggi yang dibuat dengan kain rapat, topi, dan kacamata hitam dengan perlindungan UV 99 hingga 100 persen.

Karena pencegahan hanyalah salah satu upaya, orang juga perlu melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter atau dokter kulit. Seperti yang telah diperingatkan Jackman kepada para penggemarnya setelah serangan terakhirnya dengan kanker, "jangan berpikir itu tidak bisa terjadi pada Anda”. 

Karsinoma sel basal adalah bentuk paling umum dari kanker kulit di AS, terhitung sekitar 80 persen dari semua kasus kanker kulit, menurut para ahli dari Johns Hopkins Medicine. Pertumbuhan ganas ini mungkin terlihat seperti kutil, bintik berkerak, bercak kemerahan, tahi lalat, bintil atau benjolan, atau luka yang tidak kunjung sembuh.

Mengingat berbagai kemungkinan kondisi yang terkait dengan karsinoma sel basal, penting untuk membawa lesi kulit yang persisten ke dokter kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement