Senin 21 Mar 2022 07:50 WIB

Gelar Pra-KTT, Y20 Bahas Isu Ketenagakerjaan Pemuda

Y20 akan menyampaikan rekomendasi kepada para pemimpin G-20.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Satria K Yudha
Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 melaksanakan Pra-KTT dengan tema Ketenagakerjaan Pemuda, di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (19/3/2022).
Foto: Dok Humas Y20 Indonesia
Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 melaksanakan Pra-KTT dengan tema Ketenagakerjaan Pemuda, di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (19/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 telah melaksanakan Pra-KTT dengan tema Ketenagakerjaan Pemuda, di Palembang, Sumatra Selatan. Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar menyampaikan, Pra-KTT merupakan kesempatan bagi para pemuda untuk bertukar pikiran dalam mencari solusi atas masalah ketenagakerjaan pemuda di Indonesia dan dunia. 

"Saya berharap dan percaya, kita akan memiliki kesempatan besar untuk bertukar pikiran. Kita akan membahas masalah yang sangat krusial terkait dengan pemuda global, yaitu ketenagakerjaan pemuda," ujar Michael dalam siaran pers, Ahad (20/3/2022). 

 

Michael menjelaskan, terdapat dua subtema yang dibahas dalam Pra-KTT di Palembang, yakni tentang jaring pengaman sosial untuk pekerja muda, khususnya yang bekerja di sektor nonformal dan tentang kewirausahaan sosial. Menurut dia, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini. 

 

 

Namun, dia meyakini tantangan itu akan mudah dilalui jika dihadapi secara bersama-sama. “Ada banyak tantangan yang dihadapi kaum muda, kecuali kita datang dengan strategi dan juga komitmen untuk tumbuh bersama. Serta untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21," ujar Michael. 

 

Michael juga menjelaskan alasan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 diselenggarakan di sejumlah kota serta melibatkan delegasi dari negara anggota G-20. Dia mengatakan, hal itu guna mendengar seluruh aspirasi anak muda secara menyeluruh, bukan hanya dari satu wilayah saja. 

 

Di sisi lain, Michael menyatakan, pihaknya akan memastikan seluruh pihak yang berpartisipasi dalam Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 untuk dapat terlibat dalam menyampaikan aspirasinya. "Kami berharap Y20 ini akan berbeda, akan ada sesuatu yang lebih signifikan dan berdampak,” ujar Michael. 

 

Acara Pra-KTT dibuka pada Sabtu (19/3/2022). Kegiatan itu turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. 

 

Y20 pada G-20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G-20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G-20. Rekomendasi Y-20 akan dituangkan dalam Communique Y-20, untuk dijadikan pertimbangan perumusan Leaders Declaration, sebagai deliverable utama Presidensi G-20 Indonesia. 

 

Pada Y20 Indonesia tahun 2022, akan diangkat empat area prioritas, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, keberagaman dan inklusi, dan planet yang berkelanjutan dan layak huni. 

 

Pelaksanaan dilakukan dengan rangkaian kegiatan kick-off meeting secara virtual, empat Pra-KTT untuk setiap area prioritas di Palembang, Lombok, Manokwari, dan Balikpapan. Kemudian KTT Y20 Indonesia 2022 di DKI Jakarta dan Bandung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement